Sosialisasi Pemilu 2019 Sasar Penyandang Disabilitas di Desa Bengkala - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

2/28/19

Sosialisasi Pemilu 2019 Sasar Penyandang Disabilitas di Desa Bengkala


Buleleng, Dewata News. Com — Untuk menekan angka golput saat berlangsungnya Pemilu Serentak 2019, baik Pileg maupun Pilpres, KPU Kabupaten Buleleng terus gencarkan sosialisasi. Kegiatan sosialisasi kali ini menyasar penyandang disabilitas yang berada di Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan melibatkan hampir seratus orang, termasuk anggota Gerkatin Kabupaten Buleleng.

Sosialisasi dipandu anggota Jaringan Demokrasi Indonesia Bali, I Gusti Ngurah Darmayuda didampingi penerjemah Ketut Kanta.

Komisioner KPU Buleleng, Gede Bandem Samudra mengatakan, kegiatan telah dilaksanakan pada hari Selasa (26/02) itu mutlak dilakukan agar mereka mengerti tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara. Walau mereka tergolong mengalami kecacatan, namun memiliki hak dan kewajiban yang sama.

”Bandem Samudra menambahkan, berpulang dari pengalaman Pilgub 2018 lalu, angka golput di Buleleng cukup besar mencapai 58 persen”, kata Bandem Samudra ketika ditemui di Kantor KPU Buleleng, Jalan Ahmad Yani Singaraja, Kamis (28/02).

Agar tidak terulang kembali kondisi seperti, lanjut Bandem Samudra, maka KPU Buleleng mengandeng beberapa pihak yang berkompeten dan membentuk Relawan Demokrasi untuk dapat mendongkrak keberhasilan Pemilu Serentak tersebut.

Di Desa Bengkala tercatat ada 45 orang yang tergolong tuna rungu wicara dari 2.990 jumlah penduduk di desa setempat. Berbicara keikutsertaaan mereka menyalurkan hak pilih pada setiap perhelatan politik, cukup tinggi seperti diakui Sekretaris Desa Bengkala Gede Tunjung.

 Mengingat Pilpres dan Pileg tahun 2019 sedikit berbeda dengan pesta demokrasi terdahulu, sosialisasi seperti ini akan sangat membantu warganya.

Dari catatan Dewatanews.com, ketika Pilgub Bali 2018 lalu tingkat partisipasi masyarakat cukup rendah mencapai 58 persen, sehingga Pemilu Serentak 2019 ini dipasok partisipasi masyarakat meningkat secara nasional mencapai 77,5 persen. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com