Melirik Koperasi Wanita ”Srikandi” Punya Aset Rp2 Miliyar Lebih - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

2/28/19

Melirik Koperasi Wanita ”Srikandi” Punya Aset Rp2 Miliyar Lebih


Buleleng, Dewata News. Com —Keberadaan Koperasi Wanita ”Srikandi” Kabupaten Buleleng yang beranggotakan istri ASN yang terhimpun dalam wadah Dharma Wanita Persatuan (DWP) patut diperhitngkan oleh koperasi lainnya di Kabupaten Buleleng.

Koperasi Wanita ”Srikandi” dengan keanggota kisaran 230 orang selama ini menempati satu ruang khusus di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja menunjukkan kemajuan yang cukup pesat, seperti diakui Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Buleleng Ny. Indriani Puspaka.

”Koperasi beranggotakan 483 orang ini menunjukkan kemajuan cukup pesat dan terbukti adanya peningkatan aset, modal sendiri,  dan sisa hasil usaha”,. Kata Ny.Indirani Puspaka ketika ditemui Dewatanews.com di Singaraja, Kamis (28/02).

Dikonfirmasi tentang asset Koperasi Wanita ini, Ny.Indirani Puspaka menyimak buku, untuk aset meningkat mencapai 11,87%. Pada tahun 2017 sebesar Rp1.910.000.000,-dan tahun 2018 meningkat hingga mencapai Rp2.137.000.000,-.

”Bila dilihat dari struktur permodalan, modal sendiri mencapai hingga 84%, dan modal luar mencapai 15,49% itu sudah dinilai sangat baik”, ungkapnya.

Sebagai koperasi sehat, Koperasi Wanita ”Srikandi” ditengarai istri Sekda Buleleng Dewa Ketut Puspaka.MP ini, telah menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) pertanggungjawaban pengurus selama tahun 2018 pada hari Rabu (27/02) di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja.
Dari laporan pertanggungjawaban pengurus, ternyata Koperasi Wanita ”Srikandi”, terkait Sisa Hasil Usaha (SHU) yang diperoleh tahun 2017 senilai Rp96.990.000,-  Sedangkan SHU di tahun 2018 mencapai Rp123.000.000,-. ”Adanya kenaikan sekitar 27% memberikan manfaat positif terhadap perkembangan koperasi, dan saya yakin organisasi serta manajemen akan berjalan baik”,  ujar Ny.Indirani Puspaka.

Selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Buleleng, Ny. Indriani berharap kepada pengurus dan pengawas untuk terus menjaga konsistensi demi mengoptimalkan tugas, fungsi dan peranannya masing-masing.

”Karena, tujuan dari dibentuknya sebuah koperasi agar mampu mensejahterakan anggotanya, seperti semboyan dari kita untuk kita dan untuk mereka”, tegas Ny.Indriani Puspaka yang murah senyum ini.
Ketika digelarnya RAT Koperasi Wanita ”Srikandi” dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Buleleng, Ir. Nyoman Swatantra, MMA. yang mengapresiasi para pengurus koperasi, karena telah memenuhi salah satu kewajibannya. “Seperti diamanatkan dalam Undang-undang (UU) Nomor 25 tahun 1992 Tentang perkoperasian dan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 19 tahun 2015 Tentang penyelenggaraan rapat anggota tahunan”, ujarnya.

Menurut Nyoman Swatantra, bahwa RAT merupakan hal mutlak harus dilaksanakan, karena kegiatan ini merupakan ciri dan sendi dalam menggerakkan sebuah koperasi. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com