Gung De: Politikus Sejati Harus Melakoni Politik Sesuai Etika - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

2/7/19

Gung De: Politikus Sejati Harus Melakoni Politik Sesuai Etika


Denpasar, Dewata News. Com - Banyak  yang  mengatakan  politik  sebagai  seni  menggunakan kekuasaan. Karenanya kekuasaan politik harus diberikan kepada orang-orang bijak  atau  orang-orang  yang  punya  etika  moral  yang  baik.  "Penggunaan kekuasaan  tepat  dan  tidaknya  bergantung  dari  siapa  yang  memegang kekuasaan tersebut nantinya. Oleh karenanya pilihlah calon pemimpin rakyat yang tepat yang bisa mensejahterakan rakyatnya," ujar A.A Gede Agung Aryawan, ST yang akrab disapa Gung De, Kamis (7/2) di Denpasar.

Calon legeslatif (caleg) DPRD Kota Denpasar dapil Denpasar Selatan dari P. artai Golkar nomor urut 2 ini mangatakan, pijakan  berpikir  inilah  yang  digaungkan  oleh  para  pendukung moral-etis  sebagai  tolak  ukur  mendiskusikan  persoalan kebangsaan.  "Bahkan moral  politikus  yang  pada  kenyataannya  terhubung  dengan  persoalan kemiskinan yang sedang dihadapi rakyat, namun kini justru berpolitik semata-mata hanya dijadikan permainan untuk  bisa mencari keuntungan pribadi semata," terangnya. 

Menurut Gung De, politik adalah tugas jabatan dan panggilan hidup. Jika  hal  itu  tidak  dilakoni  secara  baik, para politikus hanya akan menjadi pedagang  politik. Dimana  yang  dipentingkan  adalah keuntungan pribadi. Munculnya
banyak kasus  korupsi  yang  terjadi  di lembaga  legislatif  atau  DPR. "Kini dirasakan  politik  tidak  lagi  menjadi  tugas  jabatan  dan panggilan  hidup,  tetapi  hanya  sekedar  mengeruk  kekayaan  sebanyak-banyaknya. Apakah seorang politikus seperti ini yang terus diberikan kekuasaan untuk bis memimpin daerahnya," ucapnya.

Lanjut Gung De, sosok  politikus  sejati  di  berbagai  strata  dan  lembaga  politik adalah politikus yang melakoni sejatinya politik. Sejatinya politik itu agung dan mulia yang  dapat  dijadikan  sebagai wahana membangun  masyarakat  utama.  Sebuah  masyarakat  peradaban  yang terwujud dalam tatanan sosial  yang  berlandaskan pada hukum, etika, moral dan  norma,  sehingga  tercipta  keadilan, dan  kesejahteraan. "Seorang politikus sejati di lembaga politik mana pun harus melakoni politik dengan mengutamakan pengorbanan demi kesejahteraan masyarakat, bukan  sebaliknya," jelasnya. 

Gung De menambahkan, pengabdian  seorang  politikus  sejati  bukan  semata karena uang,  keuntungan  dan  kesenangan,  tetapi  karena  ingin  menjalankan tugas  panggilannya  dalam  bidang  politik dan menjalankan  amanat rakyat. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com