Tambah Atraksi Seni Disbud Buleleng Gelar Seni Topeng dan Barong - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

1/16/19

Tambah Atraksi Seni Disbud Buleleng Gelar Seni Topeng dan Barong


Buleleng, Dewata News. Com —Pemerintah Kabupaten Buleleng melaluileading sector semakin gencar melakukan upaya-upaya untuk menjaga kelestarian seni dan budaya. Salah satunya, akan diselenggarakan pagelaran Seni Topeng dan Barong di Puri Seni Sasana Budaya Singaraja pada hari  Jumat (18/01) lusa.

”Pagelaran Seni Topeng dan Barong ini sebagai upaya menambah atraksi wisata yang akan digelar setiap minggu”, kata Kadis Kebudayaan Kabupaten Buleleng Drs.Gede Komang, M.Si di Singaraja, Rabu (16/01).

Pembina dan seniman topeng asal Desa Tejakula, Kabupaten Buleleng ini menjelaskan, bahwa Dinas Kebudayaan memiliki program untuk melaksanakan pagelaran seni dan budaya pertunjukan topeng dan barong, yang akan dilaksanakan rutin setiap hari Jum’at siang dimulai pukul 11.00 Wita.

”Jadi ini untuk tontonan para tamu yang datang ke Buleleng, dan untuk bulan Januari dan Februari ini masih gratis sebagai upaya promosi”, jelas Gede Komang.

Mantan Kepala BKKBN Kabupaten Covalima, Timor Timur ini juga menyimak,bahwa program yang digelar ini sejalan dengan kebijakan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST, bagaimana menumbuhkan ekonomi kreatif, pemajuan seni dan budaya untuk bisa memberikan daya dukung pariwisata di Buleleng.

Bahkan, pagelaran ini sendiri akan dipentaskan oleh pimpinan dan juga staf Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng. ”Seni yang akan digelar diutamakan pagelaran topeng dan barong saja, tetapi kami juga akan melihat selera tamu nantinya, jika memungkinkan akan digelar tari-tarian yang lainnya juga”, imbuhnya.

Gede Komang menambahkan, pagelaran seni topeng dan barong ini juga sebagai upaya untuk menjadikan Puri Seni Sasana Budaya sebagai salah satu destinasi wisata kota. Sehingga para tamu yang ingin ke Kota Singaraja akan bisa menikmati pertunjukan seni yang rutin digelar setiap hari Jum’at ini.

”Karena rutin diadakan setiap Jum’at, para tamu yang datang ke kota tidak lagi melihat jadwal pagelaran seni, tetapi mereka sudah tahu pasti jam berapa dan hari apa akan ada pertunjukan di Puri Seni Sasana Budaya”, kata Gede Komang mengakhiri perbincangan dalam suasana hujan siang hari itu. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com