Bupati PAS Usulkan ”Perarem” Pertanian Untuk Desa Pedawa - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/13/19

Bupati PAS Usulkan ”Perarem” Pertanian Untuk Desa Pedawa


Buleleng, Dewata News. Com — Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menyatakan, bahwa saat ini sektor pertanian menjadi fokus pembangunan di belahan Utara pulau Dewata. setelah fokus pada infrastruktur.

”Selain sebagai upaya menjaga ketahanan pangan, penguatan pertanian diperlukan untuk peningkatan perekonomian masyarakat. Usulan  untuk membuatperarem atau aturan adat mengenai pertanian pun diberikan”, kata Bupati Agus Suradnyana ketika ditemui .di sela-sela menghadiri acara pembangunan pelinggih Dewi Sri di Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Sabtu (12/01).

Pada saat bertemu masyarakat Desa Pedawa, Bupati Agus Suradnyana menyampaikan, bahwa usulan itu sebagai ilustrasi agar Desa Pedawa membuatperarem untuk menyisakan lahan seluas 5 atau 10 are untuk menanam padi gogo atau yang sering disebut oleh masyarakat Pedawa padi gaga, selain tanaman ekonomis yang ditanam.
Hal ini dimaksudkan, jelas Bupati PAS sapaa akrab Putu Agus Suradnyana, untuk melestarikan ekosistem yang ada.

Menurut PAS, orang-orang di Bali sudah diajarkan oleh para leluhur untuk menjaga ekosistem alam yang sudah mulai terlupakan, karena adanya desakan tanaman-tanaman ekonomis.

”Namun sekarang, tanaman ekonomis tersebut mulai menjadi persoalan, karena ekosistemnya berubah disebabkan ada hama dan sebagainya. Kalau ekosistem dijaga, saya yakin hama akan hilang, karena pelestarian ekosistem tadi”, jelasnya.

Bupati PAS juga mengungkapkan, bahwa penjagaan ekosistem ini, seperti penanaman padi gogo atau padi gaga ini. Nantinya akan ada capung, ada blauk, dan binatang lain yang akan memakan hama di alam. Hal ini tentunya akan menjaga ekosistem dan akan mengurangi hama.

”Semua itu akan membuat ekosistem terjaga. Bagaimana binatang-binatang tersebut akan memakan hama juga, seperti burung yang akan kembali mencari ulat”, ujar PAS.

Mengenai tradisi yang berkembang di masyarakat Pedawa sebagai salah satu kearifan lokal, Bupati PAS mengungkapkan, bahwa kearifan lokal digunakan untuk mengembangkan suatu daerah, seperti Desa Pedawa ini.

Menurut bupati, daerah Desa Pedawa ini sudah memiliki alam yang cantik, sehingga tinggal dikembangkan kelebihan apa yang membuat orang atau wisatawan lebih tertarik lagi untuk datang ke Desa Pedawa.

”Kami lihat sendiri di sini. Alamnya bagus, pemandangannya bagus, sejuk. Nanti kalau sudah berkembang, tinggal ditingkatkan lagi secara infrastruktur biar wisatawan lebih nyaman datang ke sini”, imbuhnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com