Bupati PAS Himbau Masyarakat Buleleng Waspada Dampak Cuaca Ekstrem - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/28/19

Bupati PAS Himbau Masyarakat Buleleng Waspada Dampak Cuaca Ekstrem


Buleleng, Dewata News. Com — Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengimbau masyarakat di belahan Utara pulau Dewata itu untuk terus mewaspadai dampak dari cuaca ekstrem yang berlangsung belakangan ini. Hal ini untuk mengantisipasi bencana yang sudah pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. 

Bupati Agus Suradnyana mengajak masyarakat untuk selalu berhati-hati dengan keadaan cuaca ekstrem yang belakangan ini terjadi. Berkaca dari kejadian-kejadian dan bencana alam yang terjadi pula pada tahun lalu, untuk selalu waspada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

”Kehati-hatian dan kewaspadaan tersebut bisa mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem ini. Harus secara maksimal diantisipasi”, kata Bupati PAS menyampaikan ajakannya ketika ditemui Dewatanews.com, Senin (28/01).

Bupati PAS juga mengingatkan kepada masyarakat, jika cuaca tidak bagus, untuk sebisa mungkin tinggal di rumah. Untuk masyarakat yang tinggal di dekat saluran-saluran air diharapkan untuk bisa membantu bergotong royong membersihkan saluran air tersebut agar tidak terjadi banjir. 

”Kepada lurah di wilayah kota Singaraja. juga saya himbau untuk segera melakukan gotong royong membersihkan saluran air guna mengurangi potensi banjir”, harap PAS.

Seperti diketahui, dalam sepakan terakhir ini, Kabupaten Buleleng diguyur hujan yang sangat lebat disertai dengan angin kencang. Keadaan cuaca seperti ini menyebabkan beberapa pohon tumbang dan longsor di sejumlah daerah di Kabupaten Buleleng. 

Mengetahui hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng bergerak cepat. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Buleleng bergerak membersihkan pohon tumbang di Lovina. 

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Buleleng, Ida Bagus Suadnyana, SH, M.Si mengatakan, selain pohon tumbang, di pesisir juga terjadi gelombang pasang. Gelombang pasang terjadi di sejumlah titik pantai di Kabupaten Buleleng. Pada ujung barat sampai di Lovina dan ujung timur di Julah. 

Untuk membantu dan juga assessment laporan dari masyarakat, kembali TRC BPBD Buleleng turun ke lapangan menuju ke Lovina, Penimbangan, Kampung Anyar dan Kampung Bugis. ”Kami turun, mengingat ada laporan warga terjadi gelombang pasang di sana”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Kabupaten Buleleng, Ni Nyoman Surattini, ST menjelaskan, terkait adanya bencana rutin setiap bulan Januari yang melibatkan banyak pohon yang tumbang, pihaknya sudah melakukan tindakan pemangkasan pohon yang di prediksi akan mengakibatkan bencana. 

”Kami juga berkoordinasi dengan PLN, karena pada dasarnya pohon-pohon yang tumbang itu memang banyak yang diakibatkan oleh banyaknya galian dan banyak juga yang posisinya sudah kritis”, jelasnya.

Menurut Pejabat Disperkimta yang belum sebulan dikukuhkan resmi sebagai Kadis, bahwa pihaknya sudah melakukan penanganan di setiap saat sebelum bulan Januari. Di samping itu, juga memenuhi permintaan dari masyarakat. Dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Buleleng ada tim dan juga instansi terkait. 

”Mungkin dalam hal ini kewenangannya dari BPBD. Biasanya di lapangan kami selalu kerjasama dengan BPBD”, imbuh Surattini. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com