Bupati PAS Akan Promosikan Kesenian Asli Buleleng Ke Australia - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

1/19/19

Bupati PAS Akan Promosikan Kesenian Asli Buleleng Ke Australia


Buleleng, Dewata News. Com — Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST akan mempromosikan kesenian asli Buleleng ke Australia, sebagai suatu wujud penghargaan terhadap terobosan yang dilakukan Dinas Kebudayaan (Disbud) dan jajaran menggelar Seni Budaya Pagelaran Rutin Topeng dan Barong untuk meningkatkan kedatangan wisawatan mancanegara ke Bali Utara.

”Dengan melibatkan seluruh penabuh dan penari yang sudah menggagas Gelar Seni dan Budaya Pagelaran Rutin di Wantilan Sasana Budaya, tahun depan akan melakukan promosi ke Australia. Promosi dilakukan, karena sebagian besar turis yang datang dan menyaksikan berbagai kesenian budaya Buleleng berasal dari Australia. Para penabuh dan penari yang notebene pegawai Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng nantinya akan melakukan pementasan kesenian asli Buleleng di negeri kangguru itu”, ujar Bupati PAS usai menyaksikan Gelar Seni dan Budaya Pagelaran Rutin Topeng dan Barong di Wantilan Sasana Budaya, Singaraja, Jumat (18/01) siang.

Menurut Bupati PAS, sifatnya promosi, karena bagi Buleleng promosi itu penting, nanti kami coba atur anggarannya, dengan anggaran yang tidak terlalu banyak.

Karena itu, jelas Bupati PAS, sebelum melaksanakan promosi akan melakukan kordinasi terlebih dahulu dengan Kedutaan Besar Indonesia yang ada di Australia. Dengan demikian pementasan kesenian Buleleng yang akan di gelar bisa berjalan dengan sempurna. ”Ia donk arus ada pertunjukan biar jelas dan pasti, makanya kami pilih nanti pada hari Kemerdekaan Negara Kangguru di Australia”, jelas PAS.

Seperti diakui Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng Drs Gede Komang, M.Si, bahwa penari dan penabuh yang keseluruhannya adalah staf dari Disbud Kabupaten Buleleng sudah cukup siap untuk kegiatan promosi dalam bentuk pementasan kesenian budaya Buleleng di Australia.

Kenapa? Menurut Gede Komang, karena keseharian dari staf Disbud dari Senin hingga Kamis diisi dengan latihan, baik itu latihan tabuh karawitan, tari maupun kekawin. ”Kami siap betul, yang dipertunjukkan tentu seni budaya asli Buleleng”, jelas Gede Komang.

Menurut mantan Kepala BKKBN Kabupaten Covalima, Timor Timuir ini, dalam mempromosikan kesenian kebudayaan di Australia, dirinya akan menampilkan kesenian–kesenian asli Buleleng, seperti tari Teruna Jaya, Wayang Wong, Wirang Jaya dan banyak lagi kesenian budaya asli Buleleng lainnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here