Temui Petani Manggis, Bupati PAS Dorong Kwalitas Buah Lokal di Buleleng - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/14/18

Temui Petani Manggis, Bupati PAS Dorong Kwalitas Buah Lokal di Buleleng


Buleleng, Dewata News. Com — Setelah menghadiri persembahyangan bersama pada acara Ngenteg Linggih Mamungkah Mendem Pedagingan Padudusan Dadia Pasek Gelgel di Desa Galungan, Kecamatan Sawan, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST  menemui petani manggis dari tiga desa di Kecamatan Sawan, Rabu (12/12).

Ketiga Kelompok Tani tersebut adalah Kelompok Tani Giri Sari, Desa Sekumpul, Kelompok Tani Pala Sari, Desa Galungan, dan Kelompok Tani Mekar Sari, Desa Lemukih.

Bupati PAS sapaan akrab Putu Agus Suradnyana mengatakan, bahwa tatap muka dialogis dengan  para petani manggis ini, bisa berdiskusi langsung mengenai upaya-upaya yang dilakukan untuk mendorong kwalitas dan kwantitas buah lokal yang ada di Buleleng. Dengan cara ini, pertanian di Buleleng bisa dikembangkan lebih serius lagi.

“Saya senang sekali bisa bertatap muka langsung dengan para petani, karena ini merupakan cara saya kedepan untuk lebih serius mengurus bidang pertanian”, ungkap Bupati PAS.

Terlebih lagi, saat ini sudah ada Pergub tentang Pemanfaatan Buah Lokal.. Karena itu, Bupati PAS  berharap buah-buah lokal yang ada, khususnya di tiga desa ini, seperti buah manggis, durian, dan leci agar lebih ditingkatkan lagi kwalitasnya, karena Buleleng adalah Home Base-nya pertanian di Provinsi Bali.

”Ada secercah harapan yang luar biasa dalam diri saya, karena Buleleng adalahHome Base pertanian di Provinsi Bali, maka dari itu mari kita siapkan semuanya dari sekarang”, imbuhnya.

Disela-sela acara tatap muka, Pemilik PT Bali Organik Subak (BOS) Anak Agung Weda Tama mengatakan, bahwa Pemkab Buleleng melalui Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng akan menstimulasi pertanian untuk dibuatkan pasar buah lokal yang berkualitas tinggi. Karena Pergub Bali saat ini membuat kebijakan tentang hotel dan restoran di Bali agar menggunakan buah-buahan lokal.

”Petani diminta agar serius megelola kebun-kebun manggisnya, dari hulu pembibitan, pemupukan, pemeliharaan, panen dan pascapanen,” papar putra I Gusti Ngurah Agung ini.

Mendampingi Bupati PAS pada acara tatap muka itu, Kepala Dinas Pertanian Ir. Nyoman Genep, MT, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Drs. Gede Sugiartha Widiada, M.Si, Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Buleleng Ketut Suwarmawan, S.Stp,MM, Kabag Umum Setda Kabupaten Buleleng Ir. I Made Sumiarta, serta Camat Sawan Drs. I Gusti Ngurah Suradnyana. (DN ~  TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com