Nengah Tamba: Pembangunan Jalan Tol di Jembrana Musti Terealisasi dan Masuk Dalam Perda RT/RW - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

12/11/18

Nengah Tamba: Pembangunan Jalan Tol di Jembrana Musti Terealisasi dan Masuk Dalam Perda RT/RW


Denpasar, Dewata News. Com - Ketua Komisi III DPRD Bali, I Nengah Tamba  sangat berharap sekali agar Jalan Tol Denpasar- Jembrana bisa segera diwujudkan. Paling tidak program Jalan Tol  di Kabupaten Jembrana bisa dimasukan dalam Perda RT/RW nantinya. Memang dilihat dari segi anggaran pembuatan Jalan Tol saat ini masih terkendala minim anggaran, musti perlu dukungan investor,” ujar Tamba yang juga calon legislatif (caleg) DPRD Bali Dapil Jembrana dari Partai Demokrat nomor urut 1, Selasa (11/12).

Dikatakan, membuat Jalan Tol dipesisir pantai, pasti biaya yang dibutuhkan sangat besar. Belum lagi soal pembebasan lahan yang juga dirasakan sulit. Sebenarnya dari Pemkab Jembrana untuk bisa merealisasikan Jalan Tol, harus menggandeng investor. Bahkan terkait pembebasan lahan juga bisa berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemrov) Bali, sebab ada lahan milik Pemrov Bali seperti areal pesisir hutan atau sempadan hutan dengan tanah masyarakat bisa dijadikan Jalan Tol,” terangnya.

Lebih lanjutnya, kalau memakai pesisir hutan sebagai alternative untuk pembuatan Jalan Tol, ini akan sangat menarik, pastinya para investor akan tertarik. Karena selain hutan yang akan digunakan sebagai Jalan Tol, tentunya biaya pembangunannya akan jauh lebih murah karena tanahnya milik Pemrov Bali. “Kemungkinan besar tidak akan timbul pro-kontra dimasyarakat, sebab tidak ada lahan masyarakat yang akan dikorbankan nantinya,” ucapnya.  

Tamba menceritakan, kalau di Desa Pekutatan dan Desa Melaya Jembrana daerah hutannya masih bisa dimanfaatkan dengan baik untuk dijadikan target Jalan Tol. Begitupula dengan kawasan yang akan dijadikan sirkuit yang sekarang batal. Ini juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan Jalan Tol. “Padahal Kabupaten Jembrana dengan Banyuwangi sangat berdekatan untuk akses kerjasama, dan Jalan Tol satu-satunya akses,” imbuhnya.

Ditambahkan, saat ini Banyuwangi memiliki Bandara Internasional, dan ini mustinya bisa dimanfaatkan oleh Kabupaten Jembrana untuk melakukan kerjasama. Semoga rencana untuk membuat Jalan Tol kedepannya bisa terealisasi untuk kemajuan Kabupaten Jembara. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com