Kapenrem 163 Wira Satya Berikan Pembekalan Peserta Apel Danramil-Babinsa Kodim Gianyar - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

12/12/18

Kapenrem 163 Wira Satya Berikan Pembekalan Peserta Apel Danramil-Babinsa Kodim Gianyar


Gianyar, Dewata News. Com - Kepala Penerangan Korem 163/Wira Satya Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia, S.S., menjadi salah seorang pemateri pada hari kedua kegiatan  Apel Danramil-Babinsa Tersebar Kodim 1616/Gianyar, Selasa (11/12)  bertempat di Aula Makodim 1616/Gianyar.

Pada kesempatan tersebut Kapenrem menjelaskan terkait rentannya permasalah informasi yang berbasis pada penggunaan media sosial.

Setiap orang dengan kemudahan teknologi saat sekarang semua memiliki dan  memanfaatkan telepon genggam atau Handphone. Dengan sarana komunikasi ini kita banyak disajikan informasi baik yang positif maupun negatif.

Yang positif tentu akan sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan wawasan, tetapi bila berita itu berupa hoaks, berita negatif dan juga berita tidak benar maka bila kita tidak cermat dalam memilih dan memilah akan dapat menjadi persoalan tersendiri.

Bisa saja karena ketidaktahuan atau ketidak sengajaan kita menyebarkan hoaks pada akhirnya menimbulkan konsekuensi termasuk berhadapan pada masalah hukum. 

"Bisa saja dalam seperti demikian jika apa yang kita bagikan atau yang kita sharing jika berkonsekuensi hukum, maka pelaku akan terjerat pada Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE", ungkap Kapenrem.

Untuk itu dalam penggunaan media sosial setiap anggota perlu berhati-hati, cerdas dan cermat dalam memilih segala informasi terlebih pada saat akan mengunggah sesuatu entah informasi, foto ataupun bentuk video.


Selanjutnya Kapenrem juga menekankan dalam menghadapi tahun politik 2019 dalam rangka Pilpres dan Pileg. Sebagai Prajurit TNI kita komitmen pada Netralitas TNI yang sudah menjadi keputusan dan kebijaksanaan institusi dan pimpinan TNI. Tugas kita adalah meyakinkan dan menjamin perhelatan pesta demokrasi tersebut berjalan aman dan lancar bersinergi dengan institusi lain seperti Polri. Dan tugas TNI dalam hal ini sesuai Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 dalam salah satu point Tugas Operasi Militer Selain Perang atau OMSP yaitu dengan melakukan perbantuan kepada Kepolisian Republik Indonesia.

Kapenrem berpesan kepada Para Danramil dan Babinsa yang berada di garis terdepan melakukan interaksi dengan masyarakat maka memiliki tugas untuk mampu memberikan informasi yang benar yang mampu menjamin terciptanya kondusifitas keamanan.

Selain pembekalan dari Kapenrem, peserta juga mendapatkan pelatihan singkat tentang teknik pengambilan gambar baik foto maupun video dengan menggunakan telepon genggam atau handphone.

Pelatihan ini disampaikan oleh Sersan Satu Ary Sutawan yang juga merupakan Bintara Kamera di Staf Penerangan Korem 163/Wira Satya.

Dengan telepon genggam atau handphone yang dalam setiap aktifitas kita menjadi sarana komunikasi maka dengan segala fasilitas dan aplikasi yang dimiliki sangat bermanfaat dalam mendukung pendokumentasian kegiatan di lapangan. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com