Tim Sekretariat Kabinet RI Kunjungi Disdukcapil Gianyar - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/1/18

Tim Sekretariat Kabinet RI Kunjungi Disdukcapil Gianyar


Gianyar, Dewata News. Com - Pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gianyar sudah sangat bagus, kendala dalam hal sarana dan prasarana sudah bisa disikapi dengan baik. Hal ini ditegaskan oleh Yunita Nurhartanti, Kepala Subbagian Manajemen Kinerja Organisasi, Sekretariat Kabinet Republik Indonesia saat meninjau pelayanan di Disdukcapil Gianyar. Rombongan diterima oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kab. Gianyar, I Wayan Suardana S.Sos. MAP, didampingi Kadis Dukcapil Gianyar I Putu Gede Bayangkara,SH.MH, di Kantor Disdukcapil Gianyar, Kamis (1/11).

Pada kesempatan meninjau bagian pelayanan KTP dan front office  di Disdukcapil, Yunita Nurhartanti sangat kagum dengan sistem pelayanan yang menurutnya sudah sangat rapi, cepat dan nyaman. Masyarakat yang datang tidak antre lama dan menunggu di dalam ruangan yang nyaman.

Pada kesempatan itu, Yunita Nurhartanti mengatakan  dirinya bersama tim dari Sekretariat Kabinet RI mengunjungi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gianyar adalah dalam rangka penyusunan kajian tentang Pengembangan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) di Sekretariat Kabinet.

“Kami datang ke Gianyar untuk belajar dan sharing atas best practice pelayanan pelayanan publik yang diterapkan di Disdukcapil, apa saja inovasinya dan bagaimana sistem pelayanannya,” tegas Yunita Nurhartanti.

Sementara itu Kadis Dukcapil Gianyar, I Putu Gede Bayangkara memaparkan pelayanan di Disdukcapil sudah berjalan dengan maksimal. Pada bulan Mei 2018 Disdukcapil secara internal juga telah dilakukan penilaian oleh Inspektorat Kab. Gianyar terkait tingkat Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dengan level 3,19 dari skala 1-5. Capaian level ini menurut Bayangkara merupakan penilaian yang bermuara pada peningkatan kinerja.


Sedangkan untuk pelayanan, Disdukcapil Gianyar juga melaksanakan survey kepuasan masyarakat (SKM) melalui media social dan web. Disini masyarakat dapat konsultasi dan pengaduan terhadap pelayanan di Disdukcapil Gianyar. Terkait dengan inovasi menurut Bayangkara, pihaknya telah melakukan pelayanan yang dikenal dengan jargon SIJEBOL (sistem pelayanan jemput bola). Pelayanan disini dilakukan dengan pelayanan mobil keliling dan kendaraan roda dua khusus, pelayanan mobil keliling untuk menjangkau sampai tingkat desa, dusun hingga ke banjar-banjar. Dan khusus roda dua atau sepeda motor dikhususnya untuk menjangkau lokasi yang sulit dicapai dengan mobil.

Ditambahkan , menghadapi pemutahiran data dalam rangka pilpres, dan pileg nanti pihaknya juga telah berinovasi memberikan pelayanan ke sekolah- sekolah dan pasar umum di Kabupaten Gianyar. Untuk sekolah pihaknya menyasar pendataan pemilih pemula yang berusia 17 tahun ke atas. Pendataan ke sekolah sudah dimulai sekitar bulan Agustus lalu, sedangkan untuk pasar umum akan dimulai pada November ini.

“Dalam memberikan pelayanan kami tidak hanya mengejar kuantitas, tapi kualitas juga kami utamakan,” tegas Gede bayangkara.

Sementara itu Asisten Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kab. Gianyar, I Wayan Suardana , pelayanan di Disdukcapil semua sudah dengan teknologi computer. Jikalau pun ada complain atau pengaduan masyarakat, semua sudah dilayani dengan baik dan cepat. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com