Rangkai Gebogan Upaya Berdayakan Kaum Perempuan Hindu - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

11/15/18

Rangkai Gebogan Upaya Berdayakan Kaum Perempuan Hindu


Gianyar, Dewata News. Com - Ratusan ibu-ibu dari berbagai organisasi wanita/dunia usaha dan profesi di Kabupaten Gianyar beradu ketrampilan membuat gebogan yang dilaksanakan di Taman Prakerti Bhuana, Beng, Gianyar, Kamis (15/11) pagi.

Lomba gebogan yang diselenggarakan Dinas  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  (P3AP2KB) Kabupaten Gianyar diikuti 22 grup, dan masing-masing grup terdiri dari 6 orang.

“Lomba gebogan dengan merangkai bunga, buah dan janur merupakan salah satu upaya pemberdayaan perempuan khususnya dalam pembuatan sarana upacara agama,” terang panitia yang juga Kabid  Pemberdayaan Perempuan P3AP2KB Kabupaten Gianyar Ni Made Agustiniwati di sela-sela lomba.

Dalam perlombaan yang dinilai beberapa juri yang berkompeten, masing-masing peserta harus menuntaskan pekerjaan dalam waktu 4 jam dan  selanjutnya para pemenang akan diumumkan saat Hari Ibu Desember mendatang.

Dijelaskan, P3AP2KB memang konsisten dalam pemberdayaan perempuan. Sebelumnya juga telah dilaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan kaum perempuan diantaranya, penyuluhan agama, Outbond  dan pengembangan kepribadian, pelatihan table manner, membuat banten, lomba vocal grup dan work shop kain tradisional.

Sementara Plt. Asisten Adminsitrasi, Ekonomi dan Pembangunan Gede Widarma Suharta  saat membaca sambutan Sekda Gianyar  menyampaikan, perlombaan gebogan diharapkan kian mengasah ketrampilan dan  kreativitas ibu-ibu. Selain itu, perlombaan nantinya menyasar anak-anak usia dini sehingga gebogan sebagai salah satu sarana upacara agama, nantinya banyak yang sudah menguasai dan terampil dengan balutan seni dan kreativitas.

“Kegiatan dalam pemberdayaan perempuan harus terus dilaksanakan sebagai upaya kesetaraan gender,” papar Gede Widarma Suharta. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com