Karya Agung Danu Kertih, Memohon Keselamatan Dan Kelestarian Sumber Mata Air Di Bali - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

11/14/18

Karya Agung Danu Kertih, Memohon Keselamatan Dan Kelestarian Sumber Mata Air Di Bali


Bangli, Dewata News. Com - Karya Agung Danu Kertih, Tawur Agung Labuh Gentuh, Meras Danu lan Gunung yang berpusat di Pura Ulun Danau Batur, di Segara Danau Batur, hari ini, (14/11) Pemkab Gianyar melaksanakan Upacara Nganyarin.

Karya Agung yang dilaksana 5 (lima) tahun sekali, dipadati pemedek dari seluruh umat Hindu di Bali, utamanya krama subak  serta masing-masing OPD yang ada di Bali, untuk mengahaturkan bakti penganyaran.

Oleh Desa Pakraman Batur, dan krama Batun Sendi Ida Bhatara, puncak karya karya sudah dilaksana pada tilem sasih kelima,  7 Nopember lalu. 

Dipuncak karya tersebut dilaksanakan prosesi pakelem di Segara Danu Batur dan Puncak Gunung Batur oleh krama Desa Pakraman Batur dan Batun Sendi Ida Bhatara. 

Prosesi kemudian dilanjutkan dengan upacara Ida Bhatara ring Pura Jati lan Ida Bhatari ring Segara Katuran Bhakti Ayaban dan Bhakti Pedanan.


Jero Gede Duhuran mengatakan Karya Agung Danu Kertih, Tawur Agung Labuh Gentuh, Meras Danu lan Gunung kali ini terlaksana dari tanggal 10 Oktober hingga 18 Nopember yang puncak karya dilaksanakan pada tanggal 7 Nopember. “Karya Agung ini dilaksanakan bertujuan untuk memohon keselamatan dan kelestarian sumber mata air di Bali,” terangnya.

Di samping itu karya ini juga dilaksanakan untuk memohon keselamatan sekaligus memohon kesuburan bagi lahan pertanian dan masyarakat Bali. Dengan pelaksanaan karya agung ini diharapkan sumber-sumber air di Bali, khususnya di Danau Batur tetap terjaga dan lestari, serta dapat dinikmati oleh seluruh umat di Bali. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com