Gudep Ambalan Siwa Parwati ”Duta” Buleleng Lomba Gugus Depan Tergiat 2018 - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

11/4/18

Gudep Ambalan Siwa Parwati ”Duta” Buleleng Lomba Gugus Depan Tergiat 2018


Buleleng, Dewata News. Com —  Dari 27 ekstrakurikuler yang ada di SMK Negeri 1 Singaraja, kegiatan yang menggunakan anggaran terbanyak adalah Pramuka, seperti diungkapkan Kepala SMKN 1 Singaraja, Drs Nengah Suteja, M.Pd yang ditemui, Minggu (04/11).

Merupakan suatu kebanggaan, lanjut Nengah Suteja, bahwa Gudep Ambalan Siwa Parwati 05.361-05.362 SMK Negeri 1 Singaraja dipercaya mewakili Kabupaten Buleleng dalam Lomba Gugus Depan Tergiat tahun 2018 tingkat Provinsi Bali untuk kelompok penegak atau setingkat SMA/SMK yang telah mendapat penilaian pada hari Jumat (03/11).

Selaku Kamabigus Ambalan Siwa Parwati SMKN 1 Singaraja, Nengah Suteja mengaku, sangat mendukung lomba ini, terlebih dari 27 ekstrakurikuler yang dibuka di sekolah tersebut, dari sisi kegiatan dan poses pembelajaran ekstra yang paling padat dan tersebar menggunakan anggaran adalah siswa siswinya yang tergabung dalam wadah Pramuka dengan beragam kegiatan seperti kemah ilmiah populer, HUT Ambalan, lomba pramuka, serta union tracking competition antar ekstrakurikuler.

Nengah Suteja menegaskan, khusus untuk Gugus Depan Ambalan Siwa Parwati SMKN 1 Singaraja dalam setahun menghabiskan anggaran sekitar Rp250 juta untuk kegiatan pramuka. Hal ini sejalan dengan kurikulum K13 dan tujuan pemerintah pusat, satu diantaranya menguatkan pendidikan karakter melalui kegiatan Pramuka yang membentuk para anak didiknya memiliki jiwa mandiri, santun, bekerja keras dan pantang menyerah.

Bahkan, beberapa kakak senior SMKN 1 Singaraja yang sudah lulus masih aktif bergabung di Ambalan Siwa Parwati SMKN 1 Singaraja, termasuk mendukung adik adiknya dalam Lomba Gugus Depan Tergiat 2018 tingkat Provinsi Bali.

Melalui lomba ini diharapkan semakin runcingnya ujung tombak sehingga sasaran dengan mudah bisa dicapai. hal ini sejalan dengan harapan pemerintah yang begitu besar terhadap gerakan Pramuka terlebih kini didukung dengan PP No 63 tahun 2013 dan Kurikulum 13, satu diantaranya gerakan pramuka mampu menciptakan genarasi muda yang berkarakter.

Menurut Nengah Suteja, lomba semacam ini merupakan bagian dari pembinaan kepramukan dengan penataan diawali dari gugus depan, yang dinilai sebagai ujung tombak pembinaan generasi muda mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK. 

Untuk kelompok Siaga tingkat SMP, sebagai ”duta” Kwarcab Pramuka Buleleng dalam Lomba Gugus Depan Tergiat tahun 2018 tingkat Provinsi Bali,  adalah  SMP Negeri 2 Sawan, Kecamatan Sawan, yang juga telah mendapat penilaian Tim dari Provinsi Bali. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com