Dinsos Buleleng Berdayakan Masyarakat Miskin di Pesisir - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

11/28/18

Dinsos Buleleng Berdayakan Masyarakat Miskin di Pesisir


Buleleng, Dewata News.Com — Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Buleleng telah melakukan berbagai hal dalam menangulangi kemiskinan.  khususnya masayarakat pesisir yang ada di Kabupaten Bulelen Salah satunya, dengan membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Sedikitnya ada  70 KUBE di pesisir yang tersebar di Kabupaten Buleleng akan mendapat bantuan langsung dari Kementrian Sosial RI. Seperti yang terlihat pada hari Senin (26/11) Tim dari Kemensos RI yang dipimpin langsung oleh Surandi staf Direktorat Penanganan Fakir Miskin Kemensos RI bersama Haris Johan Mardika selaku Operator Data Dit. PFM, PPK dan PAN didampingi oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinsos Kabupaten Buleleng Nyoman Mariani Febrianti,S.Sos,M.A.P turun langsung melaksanakan monitoring dan mengevaluasi KUBE yang ada di Kecamatan Gerokgak dan Tejakula.


Menurut Nyoman Mariani Febrianti, ada 70 Kube tersebar di Kecamatan Gerokgak dan Tejakula Satu kube terdiri dari 10 orang anggota yang notabene masyarakat miskin tinggal di pesisir.  Masing-masing KUBE nantinya  akan mendapat bantuan dana sebesar Rp25 juta dari Kemensos RI “Tadi tim dari Kemensos RI sudah memonitor, nanti masing–masing KUBE mendapat bantuan dana sebesar Rp25 juta berdasarkan data dari BDT yang ada di Kemensos”, paparnya. 

Mariani Febrianti juga mengatakan, upaya dalam pemberdayaan masayarkat miskin ini menyasar untuk kecamatan Gerokgak ada 130 KK dan Kecamatan Tejakula ada 70 KK. Nantinya dana akan diberikan ke masing–masing KUBE dan dikelola langsung oleh kelompok tersebut, sesuai dengan kesepakatan anggota KUBE itu sendiri. “Dana yang di berikan di kelola langsung oleh anggota KUBE itu sendiri,  sesuai dengan kesepakatan mereka, dibelikan babi atau kambing dan nantinya dikelola sesuai kesepakatan dari masing–masing KUBE itu sendiri”. imbuhnya.

Disisi lain, Mariani Febrianti juga mengatakan,  selain bantuan untuk dana KUBE,  Kemensos juga memberikan bantuan dana untuk saluran lingkungan (sarling) berupa pembuatan selokan dan MCK dengan dana sebesar Rp150 juta. Dana sarling ini di berikan sesuai dengan permintaan dari masing–masing KUBE itu sendiri, namun yang mengajukan dana sarling hanya KUBE yang ada di Kecamatan Gerokgak saja. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com