Bantu Air Bersih, AWC Polres Buleleng, Kini Jadi Sahabat Masyarakat - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

11/6/18

Bantu Air Bersih, AWC Polres Buleleng, Kini Jadi Sahabat Masyarakat


Buleleng, Dewata News. Com - Masih ngadatnya turunnya hujan di kabupaten belahan Utara pulau Dewata, khususnya wilayah perkotaan yang mengakibatkan beberapa desa disekitarnya mengalami kekeringan. Salah satu desa yang sedang mengalami kekeringan, yakni Banjar Dinas Melaka, Desa Kayu Putih Melaka, Kecamatan Sukasada.

Dusun Melaka salah satu dusun yang ada di Desa Kayu Putih dan letaknya di ketinggian, sementara sumber air tidak ada. Kendatipun ada sudah kering, bahkan petani cengkehpun mengeluh, karena banyak pohon cengkeh yang mati akibat tidak mendapatkan air sebagai dampak musim kemarau yang panjang. 

Pihak Kelian Dusun Melaka sudah pernah mengajukan permohonan kepada pemerintah daerah untuk mendapatkan sumber air dari desa lain yang bisa dibawa ke Dusun Melaka hingga masyarakat tidak kekurangan air, tetapi usulan tersebut sampai saat ini belum terealisasi. 

“Kami sudah mengajukan permohonan melalui pemerintah Desa kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng agar dibantu untuk mendapatkan sumber air dan disalurkan ke masyarakat, tapi sampai saat ini belum terealisasi, ujar Kepala Dusun Melaka Ketut Wenten.


PIhak Polres Buleleng setelah mendapatkan inpormasi bahwa Banjar Dinas Melaka Desa Kayu Putih Kecamantan AWC Pengendali  massa kini menjadi Sahabat Masyarakat

Diketahui di Buleleng khususnya wilayah Perkotaan sampai sekarang ini tidak setitik air hujanpun turun membasahi Bumi Panji Sakti, yang mengakibatkan beberapa Desa disekitarnya mengalami kekeringan dan salah satu desa yang sedang mengalami kekeringan Banjar Dinas Melaka Desa Kayu Putih Kecamatan Sukasada.

Seperti diketahui, bahwa Dusun Melaka salah satu dusun yang ada di Desa Kayu Putih Melaka dan letaknya di ketinggian, dan sumber air tidak ada, walaupun ada sudah kering bahkan petani cengkehpun mengeluh karena banyak pohon cengkeh yang mati akibat tidak mendapatkan air karena musim kemarau yang panjang. PIhak Kelian Dusun Melaka sudah pernah mengajukan permohonan kepada pemerintah daerah untuk mendapatkan sumber air dari Desa lain yang bisa dibawa ke Dusun Melaka hingga masyarakat tidak kekurangan air, tetapi usulan tersebut sampai saat ini belum terealisasi. 

“Kami sudah mengajukan permohonan melalui pemerintah Desa kepada Pemerintah Kabupaten agar dibantu untuk mendapatkan sumber air dan disalurkan ke Masyarakat, tapi sampai saat ini belum terealisasi, tandas Kepala Dusun Melaka Ketut Wenten.

PIhak Polres Buleleng setelah mendapatkan inpormasi, bahwa Banjar Dinas Melaka, Desa Kayu Putih Melaka, Kecamantan Sukasada kekurangan air, langsung tanggap dan meresponnya dengan mengirimkan mobil AWC yang dapat membawa 6.000 liter air ke daerah Desa Kayu Putih Melaka.  

Karena medannya tidak mengijinkan  mobil AWC ke Banjar Dinas Melaka, maka dilakukan estapet penyaluran air dengan mempergunakan mobil yang membawa bak air yang masing-masing menampung 1.000 liter. “Mobil AWC membagikan air kepada enam  bak air yang dimuat oleh enam unit mobil pick-up dan beberapa jiregen milik masyarakat  Desa Kayu Putih", tandas Kasat Sabhara AKP Wayar Parta.

Untuk diketahui, sudah lima bulan warga masyarakat  Banjar Dinas Melaka, Desa Kayu Putih Melaka tidak mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari. Biasanya  mendapatkan air dari membeli yang dibawa oleh penjual air.

Selain itu juga,  air diperoleh dari air  hujan yang ditampung di bak yang dimiliki oleh masyarakat, terkadang dari beberapa sumber air yang ada di sekitar wilayah Banjar Dinas Melaka.

 “Pohon cengkeh kami sudah banyak yang mati, karena kekeringan. Kebutuhan air sangat diperlukan, bahkan air untuk minum saja susah. Apalagi untuk memasak dan mandi, kami seperti terkena penyakit  'komplikasi', karena tidak dapat air, dan begitu mobil Amored  Water Cannon milik Polres Buleleng datang membawa air,  'Penyakit Komplikasi' yang diderita selama lima bulan langsung sembuh, setetes air sangat beguna bagi masyarakat Melaka", tandas Kadek Sudarma yang merupakan Kelian Subak Banjar Dinas Melaka.

Ketika dikonfirmasi, Kapolres Buleleng AKBP Suratno, S.IK yang sedang melakukan kegaitan silaturahmi di DPC PKB Buleleng di Penyabangan, Gerokgak membenarkan telah menerima keluhan masyarakat Banjar Dinas Melaka, Desa Kayu Putih Melaka kekurangan air bersih.

"Kami selalu merespon keluhan masyarakat,  apalagi kekuarangan air bersih akibat kemarau dan langsung ditindaklanjuti dengan pemberian  bantuan air bersih menggunakan mobil AWC sebagai rasa  kemanusiaan. Ini dilakukan sudah yang ke-3 kali, pertama di daerah Banjar Dinas Sembung, Desa Tembok, kedua di Peteluan Banjar Dinas Tegalasih, Desa Pucaksari dan sekarang ini di Dusun Melaka, Desa Kayu Putih Melaka”, tegas Kapolres Buleleng AKBP Suratno S.IK. (DN - TiR).

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com