Sekda Dewa Indra Dorong Peningkatan Produk Pangan Lokal - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/5/18

Sekda Dewa Indra Dorong Peningkatan Produk Pangan Lokal


Denpasar, Dewata News. Com - Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra mendorong peningkatan produksi pangan lokal sehingga Bali dapat menggurangi ketergantungan pada pasokan pangan dari luar daerah maupun luar negeri. Harapan tersebut diutarakannya saat membuka Festival Safety and Healthy Food di Lapangan Timur Monumen Bajra Sandi, Jumat (5/10).

Menurutnya, festival pertanian yang rutin digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan menjadi bagian penting dalam upaya peningkatan produksi pangan lokal. Menyitir laporan dari Kadis Ketahanan Pangan, produksi pangan lokal sejauh ini telah mampu memenuhi kebutuhan 4,2 Juta penduduk Bali. 

“Namun harus diingat, sebagai daerah tujuan wisata, kita tak hanya memenuhi kebutuhan pangan penduduk yang menetap di sini, namun juga wisatawan. Itulah sebabnya kenapa selama ini kita masih membutuhkan pasokan dari luar,” urainya. 

Untuk itu, Dewa Indra minta OPD terkait mengevaluasi kembali target produksi pangan. Jika selama ini targetnya hanya mengacu pada jumlah penduduk Bali, maka idealnya target kebutuhan pangan harus pula mengakomodir jumlah kunjungan wisatawan.

Pada bagian lain, Dewa Indra menyinggung tema yang diangkat pada festival kali ini yaitu Safety and Healthy Food. Menurutnya tema ini sangat relevan karena berkaitan dengan upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, promosi pariwisata dan peningkatan kualitas produk pangan lokal.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali Drh. I Wayan Mardiana, MMmelaporkan bahwa kegiatan ini merupakan ajang temu bisnis produsen pangan dengan mitra usahanya. Selain itu, festival juga menjadi bagian dari upaya mempromosikan produk pangan lokal. Kegiatan yang berlangsung hingga Minggu (7/10) melibatkan Pemerintah Kabupaten/Kota, kelompok wanita tani dan juga pelaku usaha yang bergerak di bidang pangan.

Selain pameran produk, sejumlah lomba juga digelar pada Festival Safety and Healthy Food diantaranya lomba makan buah yang diikuti oleh anak-anak dan lomba memasak. Dalam kesempatan itu, Sekda Dewa Indra juga menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba serangkaian memperingati hari pangan. Di sela-sela kegiatan pembukaan, ia juga mengunjungi sejumlah stand pameran.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com