Ganggu Konsentrasi Belajar, Gung Ronny Sarankan Siswa Dilarang Bawa Gedget Kesekolah - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

10/20/18

Ganggu Konsentrasi Belajar, Gung Ronny Sarankan Siswa Dilarang Bawa Gedget Kesekolah


Denpasar, Dewata News. Com - Penggunaan gadget bukanlah hal baru lagi di kehidupan remaja masa kini. Gadget bukan hanya dijadikan pembantu kehidupan ataupun alat komunikasi dengan dunia luar, tetapi juga bisa dijadikan teman untuk mengisi waktu luang. Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di gadget seperti  kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah. 

“Bahkan parahnya lagi minat membaca siswa menjadi menurun dengan adanya gadget,” ujar I Gusti Agung Ronny Indra Wijaya yang akrab disapa Gung Ronny, Sabtu (20/10) di Denpasar.

Menurutnya, pihak sekolah harus bisa bertindak tegas, kalau buat para siswa dilarang membawa gadget kesekolah, sebab hal tersebut akan menggangu pelajaran yang diterangkan atau disampaikan oleh gurunya. Karena tanggungjawab siswa adalah belajar, bukan sebaliknya lebih banyak waktunya dipakai bermain gadget. 

“Ini yang menyebabkan minat belajar membaca siswa menjadi menurun,” terang calon legeslatif (caleg) DPRD Bali dapil Kota Denpasar dari Partai NasDem nomor urut 5.

Memang, kata Gung Ronny, kalau penggunaan gadget buat kalangan siswa ada nilai positifnya yakni dengan mudah dan cepanya bisa mengakses dan menggali informasi, namun bukan berarti tidak ada nilai negatifnya. Pasti ada yakni dapat mengganggu belajar siswa, serta berakibat buruk pada perilaku siswa. Musti ada pembatasan atau arahan, baik oleh guru di sekolah maupun orangtua di rumah. 

“Jika perlu para siswa dilarang membawa gadget ke sekolah,” ucapnya.

Lebih jauhnya, Gung Ronny menyarankan agar sekolah-sekolah melarang para siswanya membawa gadget. Karena diketahui selama ini tugas dan tanggungjawab siswa di sekolah adalah belajar dan menuntut ilmu. Apalagi sekolah-sekolah sekarang sudah menyediakan ruang computer yang bertujuan untuk bisa menggali informasi. 

“Ini yang bisa dimanfaatkan oleh para siswa sebagai media pembelajaran dalam menggali informasi,” saranya.

Gung Ronny menambahkan, mustinya sekolah-sekolah membuat aturan yang tegas terkait pelarangan membawa gadget. Kalau di luar sekolah boleh saja, sebab itu sudah menjadi tanggungjawab orangtua siswa. 

"Semoga apa yang disampaikan ini bisa bermanfaat, sebab ini demi kebaikan kita bersama dalam membina dan membimbing generasi muda sebagai salah satu penerus bangsa," imbuhnya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com