Bagus Askara: Adanya Perpustakan Bisa Menumbuhkan Minat Membaca Siswa - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

10/20/18

Bagus Askara: Adanya Perpustakan Bisa Menumbuhkan Minat Membaca Siswa


Denpasar, Dewata News. Com - Dengan adanya perpustakaan sekolah, sangat dirasakan ada dampak positifnya buat para siswa yakni bisa menumbuhkan minat membaca. Apalagi Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar juga telah menyediakan rumah pintar yang sangat efektif digunakan sebagai sarana belajar siswa. 

“Karena di zaman serba canggih dengan kemajuan teknologi yang begitu pesatnya, kalau para siswa tidak terus dibimbing dan dibina untuk rajin membaca akan menjadi malas. Bahkan minat membaca menjadi menurun,” ujar Ida Bagus Askara Sugiarta yang akrab disapa Bagus Askara, Senin (22/10).

Menurutnya, walau sekolah-sekolah sudah memiliki perpustakaan sebagai sarana pembelajaran untuk bisa rajin membaca, kalau para siswa tidak diarahkan keperpustakan tentu keberadaannya tidak akan berguna. Disinilah peran guru agar terus mengarahkan para siswa untuk rajin mengunjungi perpustakaan. 

“Jika perlu ditambah buku-buku yang dirasakan bisa menambah wawasan para siswa,” terang calon legeslatif (caleg) DPRD Kota Denpasar dapil Denpasar Utara dari Partai NasDem nomor urut 12 ini.

Bagus Askara mengatakan, Saya bukan menggurui, namun menyarankan kalau para siswa mau rajin membaca buku apa saja yang ada di perpustakaan. Selain akan bisa menambah ilmu juga akan menambah banyak wawasan. 

“Kemudian, untuk menghindari terjadinya kenakalan siswa. Pihak sekolah juga bisa memperbanyak ruang lingkup yakni dengan meningkatkan kegiatan sekolah terutamnya di ekstrakulikuler sesuai dengan kemampuan (skil),” ucapnya.

Lebih Jauhnya, Bagus Askara menambahkan kalau para siswa sekarang lebih banyak bermain ketimbang belajar. Apalagi para siswa sekarang, kalau sudah ngumpul bareng. Dirinya lupa kalau statusnya masih pelajar yakni merokok bareng, melakukan balap liar, dan lain sebagainya. 

"Agar tidak terjadi seperti itu, maka peran guru di sekolah harus lebih banyak membimbing dan membina, peran orangtua terus melalukan pengawasan, dan peran masyarakan yang selalu memberikan peringatan kalau ada siswa yang bikin ulah atau menggangu masyarakat disekitarnya," imbuhnya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com