Bagus Askara Berharap Pelaku UMKM Terus Meningkatkan Daya Saing - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

10/23/18

Bagus Askara Berharap Pelaku UMKM Terus Meningkatkan Daya Saing


Denpasar, Dewata News. Com - Ida Bagus Askara Sugiarta yang akrab disapa Bagus Askara ini mengatakan sebagai pelaku usaha, khususnya di Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mustinya bisa lebih berinovasi, meningkatkan produktivas,  dan kualitas  Sumber Daya Manusia (SDM).

"Apalagi ditengah derasnya arus globalisasi dan di era revolusi 4.0 ini. Paling tidak bisa bersaing dengan pelaku usaha lainya,” ujar Bagus Askara, Selasa (23/10).

Menurutnya, untuk bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses kedepanya, khususnya pelaku UMKM ini, mustinya harus terus bergerak, sebab competitor atau lingkungan di sekitar kita juga terus bergerak. Selain itu, para pelaku UMKM yang sudah sedikit ada kemajuan juga jangan cepat berpuas diri. 

“Jika perlu para pelaku UMKM ini terus di tingkatkan jiwa kewirausahaan dan tingkatkan daya saing agar tidak ketinggalan ditengah derasnya arus globalisasi dan di era revolusi 4.0 ini,” terang calon legeslatif (caleg) DPRD Kota Denpasar dapil Denpasar Utara dari Partai NasDem nomor urut 12.

Dicontohkan Bagus Askara, salah satu UMKM yang berusaha meningkatkan daya saing agar bisa tetap bertahan ditengah derasnya persaingan ini adalah UMKM Sandal Kanan Kiri milik Ida Ayu Anom Sri Wahyuni di Denpasar yang sudah menjalankan usahanya 4 tahun. Ia menjual berbagai jenis produk sandal baik wanita maupun pria, selain itu juga berbagai jenis sepatu serta dupa.

"Ini salah satu UMKM yang ada di Denpasar. Toko ini melakukan inovasi agar bisa meningkatkan daya saing ditengah persaingan saat ini yang begiru ketat. Tak hanya secara off-line dengan membuka toko secara langsung di rumah, dia juga menjual dagangannya di online," ujarnya.


Kemudian ditambahkan Bagus Askara, agar para pelaku UMKM terus bisa mengembangkan usahanya dengan baik, maka pemerintah juga bisa ikut menyiapkan sarana dan prasarananya untuk bisa mendukung daya saing para pelaku usaha.

"Paling tidak, dukungan pemerintah ini juga menjadi bentuk kempanye kewirausahaan untuk menggugah kesadaran masyarakat dalam menggali potensi yang dimiliki,” ucapnya.

Lebih Jauhnya, sebagai upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi kerayaan melalui pemberdayaan di sektor UMKM.  Semestinya potensi yang dimiliki pelaku UMKM untuk meningkatkan daya saing harus diawali dari sebuah kemadirian dan kualitas kemampuan diri ditengah derasnya arus globalisasi dan di era revolusi 4.0 ini. 

“Karena para pelaku UMKM ini diharapkan nantinya mampu mendorong roda perekonomian agar lebih maju dan berkembang lebih baik,” harapnya.

Ditambahkan, dengan peningkatan daya saing ini, para pelaku UMKM akan lebih mampu menunjukan potensi yang dimiliki. Bahkan, para pelaku UMKM merupakan salah satu ujung tombak dalam mendorong roda perekonomian, baik ditingkat daerah maupun ditingkat nasional nantinya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com