”Pesor dan Lontong Talas” Lokapaksa Raih Juara Favorit Kreatif Hari Pangan Sedunia - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/23/18

”Pesor dan Lontong Talas” Lokapaksa Raih Juara Favorit Kreatif Hari Pangan Sedunia


Buleleng, Dewata News. Com — Tim Penggerak PKK Desa Lokapaksa di Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali berhasil mengukir prestasi nasional melalui Lomba Cipta Menu (LCM) Olahan Pangan Non Beras Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) serangkaian Hari Pangan Sedunia Tahun 2018 di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, 18-21 Oktober 2018. Sebagai ”duta” Provinsi Bali, PKK Desa Lokapaksa dalam LCM itu menampilkan olahan ”Pesor Talas dan Lontong Ubi Talas” mendongkrak reputasi Kabupaten Buleleng, Bali sebagai Juara Favorit Kreatif. 

Majunya PKK Lokapaksa dalam lomba tersebut didukung penuh oleh Pemprov Bali dan Pemkab Buleleng, sehingga mendapat perhatian khusus dari kehadiran Ny. Putri Suastini Koster sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali dan Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra,Sp.OG didampingi oleh Ny. Ayu Wardhany Sutjidra selaku Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng pada ajang tahunan tersebut.

Penghargaan sebagai Juara Favorit Kreatif untuk  Provinsi Bali diserahkan langsung oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI, Agung Hendriadi di Kompleks Perkantoran Gubernur Kalsel.  Selain kategori menu kreatif, juga diserahkan penghargaan Favorit Pangan Lokal yang diraih oleh Provinsi Bangka Belitung.

Wayan Budi Darmiasih dan Gusti Ayu Parniti yang dipercaya menjadi juru olah pangan dalam lomba tersebut menyajikan menu andalan olahan pangan non beras, yaitu ”Pesor Talas Ubi Ungu, Lontong Ubi Talas, dan Moran Ubialas”, masing-masing untuk sajian makan pagi, siang, dan malam. Selain menu utama tersebut, disajikan pula menu pendamping, antara lain ”urab gecang, sambal cicang, timbungan cekalan, plecing kables, sate tahu udang, dan sayur kelor”.

Budi Darmiasih mengungkapkan rasa bangganya, karena telah berhasil mengantarkan menu olahan pangan non beras dari Lokapaksa sebagai juara favorit kreatif, menyingkirkan ratusan menu dari berbagai provinsi lain yang ikut tampil. Dengan diraihnya juara Favorit Kreatif dianggap bahwa upayanya menyajikan olahan menu yang beragam dengan bahan non beras selama ini telah berhasil dan dihargai oleh pemerintah.

Sementara itu, Kabid Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buleleng, Ketut Cantyana menuturkan, bahwa menu-menu yang disajikan pada lomba ini sebelumnya sudah dikirimkan daftarnya kepada panitia. Menu-menu tersebut sudah mendapat rekomendasi dari Dinas Kesehatan, terkait dengan kandungan gizi pada setiap sajian.

"Kami kerjasama dengan petugas ahli gizi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng untuk memastikan kandungan gizi dalam tiap menu sesuai dengan standar yang sudah ditentukan panitia", ungkapnya.

Wakil Bupati Buleleng Nyoman Sutjidra yang hadir pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi yang tinggi atas berhasilnya duta Bali yang diwakili Desa Lokpaksa memperoleh pernghargaan di tingkat nasional.

"Dengan diperolehnya juara Favorit Kreatif, ini menunjukan bahwa variasi dari panganan lokal di Buleleng masih bisa berbicara di tingkat nasional," ungkapnya bangga.

Dengan semakin beragamnya hasil olahan tanaman holtikultura non beras ini, menurut Wabup Sutjidra, juga dianggapnya memberikan prospek yang luar biasa bagi petani untuk dikembangkan.

Sutjidra berharap bahwa nantinya olahan pangan non beras ini mampu menjadi alternatif  bahan makanan pokok pengganti beras yang selama ini menjadi hahan makanan pokok. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com