APBD Gianyar Dirancang Efektif dan Efisien - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/29/18

APBD Gianyar Dirancang Efektif dan Efisien


Gianyar, Dewata News. Com - Perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gianyar Tahun Anggaran 2019, dirancang secara terintegrasi sehingga pemanfaatan sumber daya yang tersedia  dapat digunakan secara efektif dan efisien. Hal ini disampaikan  Bupati Gianyar, I Made Mahayastra saat   penyampaian Pengantar Nota Keuangan Rancangan APBD Kabupaten Gianyar Tahun Anggaran 2019 di Gedung DPRD Kabupaten Gianyar, Senin (29/10).

Dalam penyampaiannya Bupati Mahayastra menyampaikan dalam penyusunan APBD perlu diselaraskan dengan kebijakan pembangunan daerah dan pembangunan nasional. Hal itu akan tercermin dari adanya harmonisasi capaian kinerja, sasaran program, dan kegiatan yang dijabarkan kedalam fungsi pengelolaan keuangan daerah.

Dilanjutkannya bahwa penyusunan APBD telah diintegrasikan dengan konsep pembangunan Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” dengan memprioritaskan 8 program pokok seperti Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, Pertanian, Lingkungan Hidup, Reformasi Birokrasi dan Ketentraman Ketertiban, Sosial, Agama dan Budaya, serta Koperasi, UKM dan Pariwisata.

Untuk menjalankan program pemerintahan, pendapatan daerah Kabupaten Gianyar tahun 2019 direncanakan sebesar Rp. 2,180 triliyun lebih. Yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah sebesar Rp. 970, 207milyar lebih atau 44,50%. Dana perimbangan direncanakan sebesar Rp. 940,972 milyar lebih atau 43,16%. Serta pendapatan lain-lain yang sah direncanakan sebesar Rp.268,983 milyar lebih atau 12,34%. Dibandingkan dengan PAD tahun 2018 memiliki peningkatan sebesar 20,40% atau Rp.164,370 milyar lebih.

Sementara itu belanja daerah dalam rancangan APBD tahun 2019 direncanakan sebesar Rp. 2,519 triliun lebih yang terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp. 1,290 trilyun lebih atau sekitar 51,21%, serta belanja langsung sebesar Rp. 1,229 trilyun lebih atau 48,79%.

Deficit anggaran dalam Rancangan APBD Kabupaten Gianyar tahun anggaran 2019 sebesar Rp. 339,640 milyar lebih akan ditutupi dari penerimaan pinjaman daerah dan sisa lebih perhitungan anggaran tahun 2018 yang saat ini sedang berjalan.

Bupati Mahayastra juga berharap agar rancangan peraturan daerah tentang APBD tahun anggaran 2019 dapat dibahas oleh segenap pimpinan dan anggota dewan sesuai tahapan persidangan. Harapannya agar suasana kebersamaan, sinergi dan sinkronisasi dalam pemahaman tentang pembangunan Gianyar antara eksekutif dan legislative, tetap terjalin dengan baik sebagaimana yang telah berlangsung selama ini. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com