Mantabs! Polwan Polda Bali Terima Piala Bergilir "Polwan Cup" - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

9/3/18

Mantabs! Polwan Polda Bali Terima Piala Bergilir "Polwan Cup"


Jakarta, Dewata News. Com - Polwan Polda Bali meraih juara umum dalam kejuaraan menembak pistol pada Senin (27/8) lalu. Penyerahan piala bergilir Ibu Asuh Polwan 2018 diserahkan oleh Ny. Tri Tito Karnavian kepada Bripda Anastasia Jeany Ratnasari usai Upacara Peringatan Hari Jadi Polwan ke-70 di sektor selatan Monas, Jakarta Pusat, Senin (3/9).

Penyerahan piala itu disaksikan langsung oleh Ibu Negara, Iriana Jokowi Widodo dan istri Wapres Mufidah Jusuf Kalla serta sejumlah menteri wanita kabinet kerja, seperti Menko PMK Puan Maharani, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri KKP Susi Pudjiastuti hingga Menteri Kesehatan Nila Moeloek. Selain itu hadir juga Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, Menteri Pemberdayaan Perempuan Yohana Yembise dan Ketua Bhayangkari Daerah Bali, Ny. Barbara Golose.

Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini diikuti 2000 personel Polwan dari berbagai satuan dan daerah yang dibagi dalam sepuluh batalyon. Wakapolda Kalimantan Barat, Brigjen Pol. Sri Handayani selaku inspektur upacara saat membacakan amanat tertulis Kapolri mengatakan, peranan Polwan dalam berbagai capaian kinerja serta prestasinya selama ini, merupakan manifestasi dari pelayanan Polri kepada masyarakat. terus berkarya dan meningkatkan eksistensinya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.


Dijelaskannya bahwa Polwan mulai dikenal di Indonesia sejak 1 September 1948, ketika enam orang wanita tangguh dari Bukit Tinggi, Sumatra Barat mengikuti pendidikan inspektur polisi guna memenuhi kebutuhan tugas-tugas kepolisian kala itu. Hingga saat ini, Polwan Indonesia telah mencapai 24.029 orang atau 5,7 % dari jumlah anggota Polri secara keseluruhan, dengan tingkat kepangkatan yang bervariasi mulai dari Brigadir Polri (79,72 %), Pama Polri (12,18 %), Pamen Polri (8,08 %) dan Pati Polri (0,02 %). 

“Para Polwan ini telah dipercaya untuk menduduki berbagai jabatan strategis, seperti Wakapolda Kalbar maupun jabatan lainnya di tingkat Polda. Polri juga mempercayakan para Polwan untuk menduduki jabatan operasional seperti Kapolres, Wakapolres, Kapolsek serta Kasat di tingkat Polres," ucapnya.

Kemudian jenderal bintang satu di pundak ini menyampaikan, prestasi Polwan di Indonesia juga dihiasi dengan performa yang membanggakan di luar tugas rutinnya selaku anggota Polri. Dalam misi perdamaian dunia, Polwan telah berpartisipasi aktif sebagai bagian dari pasukan perdamaian PBB. Pada bidang olahraga, Polwan juga mampu menorehkan prestasi di cabang judo, terjun payung, angkat besi, taekwondo, serta turut menjadi bagian dari tim bola voli dan sepak takraw putri Indonesia yang berlaga di Asian Games 2018.

“Polwan juga berkiprah dalam memecahkan rekor dunia pada pendakian puncak gunung cartenzs di bulan September 2017, serta memecahkan rekor dunia pembentangan Bendera Merah Putih terpanjang di bawah laut bersama Wanita Selam Indonesia (WASI) yang diinisiasi oleh Ibu Asuh Polwan Indonesia,” jelas Brigjen Pol. Sri Handayani yang saat ini menjabat sebagai Pakor Polwan RI.

Perayaaan Hari Jadi Polwan tahun 2018 dimeriahkan dengan peragaan Moge yang dibawakan para Polwan, bela diri Polri, marching band dan formasi Esthi Bhakti Warapsari. (DN - BiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com