Siapkan ”Regu Bergengsi” Lomba Gerak Jalan 45 Km Kocek Rp25 Juta - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

8/12/18

Siapkan ”Regu Bergengsi” Lomba Gerak Jalan 45 Km Kocek Rp25 Juta


Buleleng, Dewata News. Com — Lomba Gerak Jalan yang menjadi agenda rutinitas tahunan Pemkab Buleleng setiap menyambut dan memperingati Hari Kemerdekaan RI senantiasa mendapat perhatian dan apresiasi semua komponen masyarakat.

Namun, untuk bisa berperan aktif dalam gelaran Lomba Gerak Jalan ”Kemerdekaan” itu, khususnya Lemba Gerak Jalan 45 Km Dewasa Putra, tidak sedikit komponen masyarakat terkendala dana dalam menyiapkan satu regu ”bergengsi”. Sehingga tidak sedikit pula hanya bisa ikut sekali – dua kali karena terbentur dana pembiayaan, seperti diakui Lurah Banjar Tegal Nyoman Supardi yang untuk tahun 2018 ini hanya ikut gelaran Lomba Gerak Jalan 17 Km Dewasa Putri.

Untuk bisa menurunkan satu regu peserta dalam Lomba Gerak Jalan 45 Km Dewasa Putra, Perbekel Desa Kalibukbuk, Ketut Suka mengaku, menyiapkan rencana anggaran biaya (RAB) dari dana desa sebesar Rp17 juta. Selain itu, ada bantuan dana dari pihak ketiga, di antaranya dari Ni Kadek Turkini yang anggota DPRD Kabupaten Buleleng dari Fraksi PDI Perjuangan, istri dari Made Kardika Ambu dan pihak lainnya, sehingga secara keseluruhan bisa mencapai Rp25 juta.

Adanya peningkatan nilai hadiah oleh pihak Panitia Pelaksana, dalam hal ini KONI Kabupaten Buleleng yang mendapat dana hibah Pemkab Buleleng bersumber dari APBD Buleleng, menurut Perbekel Ketut Suka, sangat positip. Sehingga pembiayaan yang dikeluarkan minimal balance ketika regu yang disiapkan menjadi pemenang pertama.

Sebab, Ketut Mekel Kalibukbuk ini mengaku, dua kali regu Karang Taruna Desa Kalibukbuk menjadi juara pertama hanya Piala yang dibawa pulang. Tapi kali ini, Ketut Mekel berharap regu Karang Taruna Tri Darma Sakti dengan Nomor Dada 01 bisa menjadi yang terbaik untuk merebut hadiah bernilai total Rp50 juta, minimal juara kedua Rp25 juta untuk menutup pembiayaan yang kocek.

Kendati memang kegiatan Lomba Gerak Jalan, khususnya 45 Km Dewasa Putra, diakui Ketut Mekel Kalibukbuk, untuk menggelorakan semangat joang nilai-nilai 45, namun dari segi pembiayaan di era jaman now ini sangat patut dibantu.

Menyadari besarnya pembiayaan yang dikeluarkan komponen masyarakat peserta mengikuti lomba gerak jalan, Pemkab Buleleng melalui dana hibah yang diberikan kepada KONI Kabupaten Buleleng setiap tahun terus diupayakan adanya peningkatan.

Seperti halnya di tahun 2018 oleh KONI Kabupaten Buleleng sebagai Panitia Pelaksana menyiapkan hadiah total yang diperebutkan dalam Lomba Gerak Jalan 45 Km Dewasa Putra, termasuk dana pembinaan adalah sebesar Rp323.500.000, Rp50 juta di antaranya untuk hadiah Juara I, di samping piala tetap, piagam.

Sedangkan juara II dan III selain piala tetap dan piagam juga hadiah uang masing-masing Rp25 juta dan Rp15 juta. Sementara juara harapan I,II dan III, selain piala tetap dan piagam juga hadiah uang masing-masing Rp8 juta, Rp6 juta dan Rp4 juta. Khusus bagi regu peserta yang tidak memperoleh juara, sepanjang tidak didiskualifikasi dan mampu mencapai garis finish, dengan jumlah peserta minimal 9 orang diberikan uang pembinaan, masing-masing Rp2,5 juta.   ~ Made Tirthayasa

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com