Lomba Gerak Jalan 45 Km Gelaran ”Bergengsi” di Buleleng - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

8/12/18

Lomba Gerak Jalan 45 Km Gelaran ”Bergengsi” di Buleleng


Buleleng, Dewata News. Com — Lomba Gerak Jalan 45 Km Dewasa Putra sebagai bagian dari kegiatan lomba gerak jalan yang merupakan rutinitas tahunan Pemkab Buleleng setiap menyambut dan memperingati Hari Kemerdekaan RI melalui KONI Kabupaten Buleleng selaku Panitia pelaksana dinilai sebagai gelaran ”Bergengsi”, karena mampu menggelorakan semangat 45 ditengah-tengah masyarakat.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa kegiatan Lomba Gerak Jalan dilaksanakan KONI Kabupaten Buleleng selaku Panitia pelaksana mendapat dana hibah Pemkab Buleleng melalui APBD setiap tahunnya terus meningkat.

Adanya peningkatan dana hibah Pemkab Buleleng ini diakui Wakil Bupati dr.I Nyoman Sutjidra, Sp.OG usai melepas keberangkatan Lomba Gerak Jalan 45 Km Dewasa Putra di Lapangan Olahraga Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Sabtu (11/08) malam.

Wabup Buleleng Nyoman Sutjidra didampingi Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna, SH dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Buleleng Ni Kadek Turkini, sekitar pukul 21.15 Wita melepas keberangkatan peserta nomor dada 01 Karang Taruna Tri Darma Sakti, Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng.

Kegiatan Lomba Gerak Jalan 45 Km Dewasa Putra yang merupakan gelaran puncak lomba gerak jalan tahun 2018 ini diikuti oleh 43 regu peserta dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori SMA/Perguruan Tinggi dan kategori Badan, Dinas/kantor, Organisasi Pemuda/Karang Taruna.

Wabup Buleleng Sutjidra kepada Dewatanews.com mengatakan, bahwa kegiatan lomba gerak jalan 45 KM dewasa putra ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan. Buleleng sebagai satu-satunya kabupaten di Bali yang konsisten menyelenggarakannya.

Kenapa? Wabup Sutjidra menilai, dikarenakan kegiatan ini merupakan suatu pengamalan nilai-nilai perjuangan para pahlawan dan semangat joang jiwa 45. ”Buleleng satu-satunya kabupaten di provinsi Bali yang konsisten menyelenggarakan kehgiatan seperti ini sebagai bentuk pengamalan perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia,” jelasnya.

Ketika membacakan sambutan tertulisnya Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST, Wabup Sutjidra mengharapkan, melalui lomba gerak jalan 45 Km ini dapat lebih memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme, khususnya kepada generasi muda, agar nantinya mampu meneruskan cita-cita kemerdekaan bangsa ini. Selain itu, melalui lomba gerak jalan 45 KM ini pula ingin membangun jiwa, mental, dan karakter generasi muda yang kuat serta tangguh, sehingga mampu menghadapi tantangan jaman.

”Saya ingin membangun patriotisme dan semangat nasionalisme melalui lomba ini. Selain itu, para generasi muda juga harus kuat dan tangguh untuk menghadapi tantangan jaman,” ujar Sutjidra. 

Sebagai pimpinan daerah, Bupati-Wabup Buleleng PASS (Putu Agus Suradnyana-Sutjidra) juga berharap, agar lomba gerak jalan ini berjalan dengan lancar, aman dan sukses. Oleh karena itu, PASS berpesan kepada para peserta untuk berlomba dengan penuh semangat dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Juga kepada para supporter agar memberikan dukungan dengan tertib, sopan serta tidak menganggu para perserta lomba dan penonton. ”Mari berlomba secara sportif. Untuk para supporter agar memberikan dukungan dengan tertib,” pungkasnya.

Disela-sela pelepasan peserta no.dada 12, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST didampingi Ny.Aries Suradnyana hadir dan berkesempatan melepas peserta.

Keterlambatan kehadiran ketengah-tengah peserta Lomba Gerak Jalan 45 Km Dewasa Putra malam itu, menurut Bupati PAS panggilan akrab Putu Agus Suradnyana, karena mengikuti rapat final terkait pembangunan short cut di Denpasar.

Sebagai laporan Ketua Pelaksana I Gusti Lanang Agung Parwata dari KONI Kabupaten Buleleng, bahwa hadiah total yang diperebutkan dalam Lomba Gerak Jalan 45 Km Dewasa Putra tahun ini,termasuk dana pembinaan adalah sebesar Rp323.500.000, Rp50 juta di antaranya untuk hadiah Juara I, di samping piala tetap, piagam.

Sedangkan juara II dan III selain piala tetap dan piagam juga hadiah uang masing-masing Rp25 juta dan Rp15 juta. Sementara juara harapan I,II dan III, selain piala tetap dan piagam juga hadiah uang masing-masing Rp8 juta, Rp6 juta dan Rp4 juta. Khusus bagi regu peserta yang tidak memperoleh juara, sepanjang tidak didiskualifikasi dan mampu mencapai garis finish, dengan jumlah peserta minimal 9 orang diberikan uang pembinaan, masing-masing Rp2,5 juta.

Seluruh peserta Lomba Gerak Jalan 45 Km Dewasa Putra setelah dilepas di garis start menempuh rute yang dibagi dalam tiga etape, yakni Etape I dari Lapangan Celukan Bawang menuju Lapangan Seririt. Etape II dari Lapangan Seririt sampai Patung Lumba-Lumba, pantai Bina Ria Lovina, Kalibukbuk, dan Etape III dari pantai Bina Ria menuju garis finish di Jalan Udayana Singaraja, depan GOR Bhuana Patra. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com