OKK UI 2018, Satukan Langkah Perubahan - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

8/18/18

OKK UI 2018, Satukan Langkah Perubahan


Depok, Dewata News. Com - OKK (Orientasi Kehidupan Kampus) UI 2018 telah berhasil diselenggarakan dengan sukses. Acara puncak OKK UI ini diadakan pada 13-14 Agustus 2018. Banyak permbicara yang dihadirkan untuk membawakan materi yang sangat inspiratif.Chairul Tanjung, Nurhayati Subakat, dan Susu Pudjiastuti merupakan tokoh inspiratif yang menjadi pembicara dalam acara puncak OKK UI 2018 untuk membawakan materi tentang “Mengoptimalkan Potensi Indonesia” dan dimoderatori oleh Najwa Shihab. Selain kedua tokoh tersebut, OKK UI 2018 juga menghadirkan sejumlah CEO platform ternama di Indonesia, seperti kitabisa.com dan bukalapak.com untuk menyampaikan materi “Penggerak Perubahan”. Hadir pula para alumni UI yang sukses dan inspiratif untuk membawakan materi “Kita UI”. Mereka adalah Ali Abdillah (Ketua BEM FH UI 2012, Ketua BEM UI 2013, Ketua PPI Belanda 2015), Rangga Husnaprawira (Mawapres UI 2015), dan Alika Islamadina (Penyanyi dan Alumni UI), serta dimoderatori oleh Febby Rastanty yang merupakan alumni FH UI.

Selain penyampaian materi, acara puncak OKK UI 2018 turut dimeriahkan dengan penampilan hiburan dari peserta OKK UI Got Talent yang terpilih. OKK UI Got Talent merupakan sebuah gebrakan yang baru diadakan pada OKK UI tahun ini, dimana para mahasiswa didorong untuk berani menunjukkan potensinya kepada masyarakat luas. Mahasiswa UI 2018 juga diajak untuk membuat konfigurasi yang membentuk tulisan tahun-tahun bersejarah Indonesia dan UI.

Selain itu terdapat pula kegiatan yang menjadi ikon baru pada OKK UI 2018 yaitu adanya Mozaik buku yang bertuliskan “(Me)reformasi Reformasi” sebagai narasi baru bentuk Reformasi yang sesuai dengan konteks zaman dan keinginan mewujudkan perubahan yang dimulai dari diri sendiri.  

OKK UI 2018 membawa tema “Satukan Langkah Perubahan”. Tema ini merupakan wujud dari visi OKK UI 2018, yaitu menjadikan OKK UI sebagai langkah mahasiswa UI untuk bersatu menciptakan perubahan demi membangun UI dan Indonesia. Untuk mencapai hal tersebut, OKK UI mengajak para mahasiswa UI angkatan 2018 melangkah bersama dengan melalui berbagai misi yang dikemas dalam kegiatan mentoring. Tema OKK UI 2018 ini direalisasikan dengan menggunakan metode Appreciative Inquiry (AI) dalam setiap kegiatan pembinaan. AI adalah metode untuk belajar dan mengubah sistem sosial (kelompok, organisasi, masyarakat) dengan melihat potensi yang dimiliki sekarang untuk bisa dikembangkan menjadi sebuah realisasi pengembangan di masa depan. Metode ini tidak memerlukan penggunaan insentif, paksaan, atau persuasi langsung untuk mewujudkan perubahan yang direncanakan. Diharapkan dengan metode AI ini para mahasiswa dapat mengenali potensi dirinya dan mengembangkannya secara positif, sehingga pada masa perkuliahan nanti ia dapat menjadikan potensi tersebut sebagai prestasi.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com