LPPM UNR Gelar Bimtek Libatkan PTS Se-Bali - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

8/30/18

LPPM UNR Gelar Bimtek Libatkan PTS Se-Bali


Denpasar, Dewata News. Com - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Ngurah Rai (UNR) Denpasar bekerjasama dengan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenriset Dikti) pada Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) Wilayah VIII menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Sistem Informasi Riset dan Pengembangan (Risbang) untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Bali di Quest Hotel San Denpasar Jalan Mahendradatta. 

“Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan dari tanggal 30-31 Agustus 2018 ini melibatkan 60 dosen dari 26 PTS se-Bali,” ujar Ketua Panitia Bimtek yang juga Ketua LPPM UNR, Yudistira Adnyana, SE, M.Si, Kamis (30/8).

Dikatakan, tujuan dilaksanakan Bimtek Aplikasi Sistem Informasi Risbang untuk PTS se-Bali adalah untuk meningkatkan kinerja para dosen dan lembaga terutamanya dibidang penelitian pengabdian kepada masyarakat dan dibidang publikasi. 

“Karena dengan kegiatan Bimtek ini juga bisa menambah wawasan para dosen PTS se-Bali, serta akan mampu meningkatkan kinerja institusi lembaga kedepanya,” terang Yudistira.

Sementara Kepala Bidang Umum L2Dikti Wilayah VIII, Drs. Wayan Suarjaya, M.AP sekaligus membuka acara Bimtek Aplikasi Sistem Informasi Risbang untuk PTS se-Bali menjelaskan  bahwa kegiatan Bimtek ini sebagai upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para dosen dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

“Karena dari hasil data L2Diktik Wilayah VIII terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan oleh para dosen  di PTS se-Bali sudah cukup banyak, dan perlu ditingkatkan lagi,” jelasnya.

Kemudian, Kabsudin Sistem Informasi Risbang Kemenriset Dikti, Hariyanto menyampaikan terkait pelaksanaan Bimtek Aplikasi Sistem Informasi Risbang untuk PTS se-Bali yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 30-31 Agustus 2018 oleh LLPM UNR bekerjasama dengan L2Dikti Wilayah VIII yang ditujukan untuk PTS se-Bali ini akan bisa memberikan pemahaman terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai program dari Kemenriset Diktik. 

“Dengan mengikuti kegiatan Bimtek ini, para dosen akan bisa memberikan kontribusinya untuk kemajuan PTS nantinya,”  ucapnya.


Lanjutnya, adapun hal-hal yang akan disampaikan dalam pelaksanaan Bimtek ini adalah terkait tentang jurnal, peningkatan kesiapan teknologi di PTS, kesiapan SDM dosen dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

“Kemudian PTS se-Bali juga diharapkan harus mampu memberikan laporan terkait hasil penelitan dan pengabdian kepada masyarakat sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi dibawah naungan Kemenriset Dikti,” harapnya.

Rektor UNR, Dr.Drs. Nyoman Sura Aditanaya, M.Si menambahkan pelaksanaan Bimtek Aplikasi Sistem Informasi Risbang untuk PTS se-Bali ini sangatlah penting untuk nantinya bisa dimengerti dan dipahami oleh para dosen PTS se-Bali terutamanya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

“Paling tidak bisa memahami sistem informasinya yang dulunya masih menggunakan sistem manual, namun sekarang sudah menggunakan sistem elektornik,” tambahnya.

Bahkan menurut Rektor, dengan sistem informasi elektorik ini akan dirasakan lebih cepat untuk mengetahui hasilnya, baik dari hasil perencanan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilaksanakan dari hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dibawah naungan Kemenristek Dikti. Apalagi semua kegiatan yang dilakukan oleh PTS sepenuhnya dibiayai oleh Kemenristek Diktik melalui L2Diktik Wilayah VIII. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com