TOSS Dari Klungkung Untuk Indonesia, Menarik Perhatian Pusat - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

7/4/18

TOSS Dari Klungkung Untuk Indonesia, Menarik Perhatian Pusat


Klungkung, Dewata News. Com - Slogan "Dari Klungkung Untuk Indonesia" yang didengungkan Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam mengenalkan teknologi Tempat Olah Sampah Setempat ( TOSS)nampaknya sudah berhasil menarik perhatian pemerintah pusat. Kali ini, Kementerian PU PERA bersama Dinas Lingkungan Hidup Depok  mengunjungi TOSS Desa Gelgel dan Desa Lepang, guna melihat dan mengamati secara langsung proses pengolahan sampah  ini, Selasa (3/7). Bupati Klungkung Nyoman Suwirta selaku pencetus penggunaan teknologi TOSS ini pun, langsung menyambut dan sekaligus menjadi pemandu dalam kunjungan rombongan tersebut. 

Direktur Pengembangan PLP, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR  Ir. Dodi Krispratmadi, M. Env, E, mengatakan dirinya tertarik melihat secara langsung teknologi pengolahan sampah yang sedang dilakukan Klungkung. setelah mengamati demo pembuatan pelet hingga pemanfaatannya menjadi energi listrik, Dodi Krispratmadi mengakui dan mengapresiasi Teknologi TOSS sangat bangus dan perlu diterapkan. “ Klungkung akan saya dijadikan contoh dan akan diterapkan didaerah daerah lain di Indonesia, salah satunya di Depok yang siap untuk menerapkan teknologi ini.” ujar Dodi Krispratmadi. Ditambahkan, sistem ini sangat bagus karena produk yang dihasilkan jelas serta memiliki nilai bisnis.

Sementara itu Bupati Suwirta mengatakan, toknologi hasil kerjasama dengan Indonesia power dan STT PLN ini, tidak hanya untuk dijadikan bahan studi banding dan kunjungan belaka. Namun Suwirta berharap teknologi ini benar benar menjadikan Klungkung  bebas dari persoalan sampah. “Kedepan saya berupaya mewujudkan di Klungkung 100% Desa menerapkan TOSS. Paling tidak tahun ke 3 semua desa sudah menerapkan TOSS.”ujar Bupati Suwirta.

Dirinya mengakui saat ini program TOSS membutuhkan alat yang mampu memproduksi pelet dalam jumlah yang banyak dan lebih cepat untuk mensuplai kebutuhan Indonesia Power. Untuk itu dengan  kehadiran rombongan Kementerian PU Pera ini Bupati Suwirta berharap akan mendapat bantuan  pengadaan alat alat produksi itu. “Semoga Klungkung akan semakin dikenal dan semakin banyak dikunjungi sehingga berimbas pada sektor ekonomi lainnya,” ujar Suwirta optimis.

Dalam kunjungan ini turut dihadiri GM Indonesia Power IGAN Subawa Putra, Kadis PU Provinsi Bali, Kepala Dinas PU Provinsi Bali, I Wayan Astawa Riadi serta OPD Klungkung terkait.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com