Pusat Bahasa UNR Kedatangan Mahasiswa CLI ASU Untuk Belajar Bahasa - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

7/18/18

Pusat Bahasa UNR Kedatangan Mahasiswa CLI ASU Untuk Belajar Bahasa


Denpasar, Dewata News. Com - Pusat Bahasa Universitas Ngurah Rai (UNR) Denpasar kembali kedatangan mahasiswa Critikal Languages Institute (CLI) Arizona State University (ASU) yang jumlahnya ada sebanyak 10 orang mahasiswa. Kedatangan mahasiswa CLI ASU adalah untuk bisa belajar bahasa di Pusat Bahasa UNR melalui guru Bahasa Indonesia untuk Penurut Asing (BIPA) nantinya,” ujar Kepala Pusat Bahasa UNR, Drs. Nyoman Riasa,M.Ed, Rabu (18/7).

Dikatakan, kedatangan 10 orang mahasiswa Asing ini bertahap yakni tanggal 18 Juni 2018 kedatangan dua orang mahasiswa Asing masing-masing atas nama Vlada Dementyeva dan Anthony Verchio. Selanjutya tanggal 16 Juli 2018 kedatangan delapan orang mahasiswa Asing masing-masing atas nama James Larsen, Benjamin Wade, Michael Salm, Para Cleyderman, Jacob Benit, Skyler Soriono, Mahalig Ewands, William Adams. “Dipastikan mahasiswa Asing ini akan belajar bahasa di Pusat Bahasa UNR hingga tanggal 10 Agustus 2018,” terangnya.

kedatangan mahasiswa CLI ASU ke UNR untuk belajar bahasa di Pusat Bahasa UNR selama dua bulan lamanya. Untuk dua orang mahasiswa Asing yang datang dari tanggal 18 Juni 2018 mereka bisa belajar penuh. Sedangkan delapan mahasiswa Asing lainya hanya bisa belajar tiga minggu lamanya, sebab kedatangan mereka tanggal 16 Juli 2018. Biasanya dalam sehari mahasiswa Asing belajar bahasa di kelas menghabiskan waktu 4 jam yang dimulai dari hari Senin-Jumat. “Setelah itu, mahasiswa Asing ini akan diajarkan tentang pengenalan budaya Bali dan Indonesia, serta melakukan kunjungan wisata ke beberapa tempat wisata di Bali,” ucapnya.

Lanjut Nyoman Riasa, selama mengikuti proses belajar di Pusat Bahasa UNR, mahasiswa Asing akan memiliki keluarga angkat yang menemani sebagai tutor  ini adalah ingin nantinya. Kedepnya berharap tidak hanya program bahasa saja yang dikembangkan di Pusat Bahasa UNR, namun kedepanya Pusat Bahasa UNR bisa melakukan pertukaran dosen nantinya. “Selain itu, kedepanya Pusat Bahasa UNR bisa mengembangkan Program Studi (Prodi) Bahasa Asing atau Bahasa Inggris, sebab Prodi ini jangkaunya sangatlah luas,” imbuhnya.

Sementara disisi lain, Interim Dercktor CLI ASU, Donald Livingston mengatakan tujuan belajar bahasa di Pusat Bahasa UNR adalah ingin bisa belajar Bahasa Indonesia, belajar tentang dunia politik di Indonesia, dan yang paling utama bisa belajar tentang mengenal seni dan budaya Bali. “Kami juga ingin terus mengembangkan hubungan kerjasama yang baik antara Pusat Bahasa UNR dengan CLI ASU. Bahkan nantinya kami akan terus melakukan promosi terkait keberada Pusat Bahasa UNR ini,” katanya.

Rektor UNR Nyoman Sura Adi Tenaya menambahkan, adanya kerja sama seperti ini mampu mengangkat kredibilitas UNR lebih baik di mata dunia. Program kerjasama UNR dengan CLI ASU diharapkan bisa terus berjalan dengan baik ke depannya.  UNR juga akan meningkatkan kerjasama dengan PTS dan PTN di Bali maupun luar Bali untuk memajukan dunia pendidikan di UNR agar nantinya kampus kami ini bisa terus maju dan berkembang. (DN - BdI)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com