Pengamat: Pencak Silat Bakal Jadi Tambang Emas - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

7/14/18

Pengamat: Pencak Silat Bakal Jadi Tambang Emas


Jakarta, Dewata News. Com – Ada tiga hal yang dinilai menjadi peluang bagi Indonesia untuk mencapai target emas dan masuk dalam posisi 10 besar dalam Asian Games. Ketiga hal itu adalah posisi Indonesia sebagai tuan rumah, kesempatan pengenalan medan, dan dukungan penonton.  

Demikian disampaikan Pengamat Olahraga Eko Suprihatno dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema "Kesiapan Atlet Jelang Asian Games 2018, Kamis (12/7) kemarin.

Terkait itu, dalam FMB 9 yang kali ini digelar di Padepokan Pencak Silat di TMII, Jakarta Timur, Eko mengungkapkan, pencak silat adalah cabang yang atletnya paling sangat potensial meraih emas. Bahkan, sambung dia, bukan tidak mungkin, pencak silat menjadi tambang bagi emas bagi capaian Indonesia dalam Asian Games 2018. 

“Dari 17 nomor paling tidak sebanyak 50% sudah jadi milik kita. Hal itu, karena ada beberapa keuntungnan, yakni tim pencak silat sebagai tuan rumah nanti akan bertanding di TMII. Sehingga, penguasaan medan tentu akan lebih baik dibandingkan tim negara lain,” katanya. 

Apalagi, Eko mengingatkan, pencak silat adalah olahraga asli Indonesia. “Lantaran itulah, saya berani bilang, enam medali emas itu minimal bisa diperoleh dari pencak silat,” katanya. 

Selain itu, untuk peluang perolehan emas, Eko mengatakan, ada sejumlah cabang olahraga andalan yang dimiliki oleh tim Indonesia. Yakni, bulu tangkis, angkat besi, bridge, panjat tebing, boling, kano/rowing, pencak silat, panahan, jetski, paralayang.

Dengan kondisi tersebut, Eko mengatakan, peluang masuk 10 besar dengan 20 medali emas menjadi kian realistis. “Ini lah kesempatan tim Indonesia, apalagi setelah Asian Games 1994 di Hirosima, kita tidak pernah lagi masuk di 10 besar Asian Games,” katanya.

Turut hadir dalam FMB 9 kali ini antara lain Menpora Imam Nahrawi dan Atlet Pencak Silat Wewey Wita. (DN - RLS)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com