Gianyar Layang-Layang Festival, Upaya Promo Wisata Pantai Selatan Gianyar - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

7/14/18

Gianyar Layang-Layang Festival, Upaya Promo Wisata Pantai Selatan Gianyar


Gianyar, Dewata News. Com - Menjadi kampung seni dan lokasi tujuan wisata, Kabupaten Gianyar terus tingkatkan promo wisata dengan membuat berbagai jenis iven.

Salah satunya Gianyar Layang-Layang Festival 2018, yang digelardi Pantai Masceti, Blahbatuh, Gianyar. Festival ini berlangsung selama dua hari 14 dan 15 Juli, dengan peserta hampir lima ratus kelompok rare angon dari seluruh Bali.

Seperti hari ini ( 14/07 ), festival ini dapat menjadi ajang promo wisata, terutama wisata pantai di kawasan pantai selatan wilayah Gianyar.

Pentingnya iven seperti ini dilakukan, mengingat wilayah Kabupaten Gianyar memiliki kawasan pantai sepanjang lebih dari lima belas kilometer berbatasan langsung dengan Kabupaten Klungkung dan Denpasar yang perlu di garap lebih baik melalui berbagai agenda wisata.


Sementara di Pantai Masceti saat ini juga terdapat Museum Subak, dengan  iven layang-layang ini juga menjadi bentuk dukungan, menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Disisi  lain, selama ini kawasan pantai hanya dimanfaatkan untuk fasilitas pariwisata seperti hotel dan restauran dan belum banyak yang dijadikan obyek kunjungan, yang berdampak langsung pada masyarakat sekitar.

Kini dimotori BALAC (Belega Layang Layang Club),  Gianyar  Layang Layang Festival 2018, yang ke enam tahun inipun dijadikan kesempatan untuk promo wisata pantai sambil bemain layang-layang, dan memberi kesempatan rare angon penggemar layang layang untuk menyalurkan hobinya.

Selain itu menurut Komang Elen Juniadi,  ini rutin digelar setiap tahun,  festival juga digelar untuk menumbuh kembangkan serta melestarikan budaya daerah yang dimiliki, " ini juga dijadikan ajang promo wisata pantai, selain melestarikan budaya yang dimiliki", katanya.

Walau demikian festival yang kemas khusus ini juga menerapkan beberapa katagori layang-layang, diantaranya layangan bebean, pecukan,  janggan, hingga layangan kuir serta layangan kreasi yang di tampilkan dari seluruh Kabupaten di Bali. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com