FT UNR Gelar Seminar Akademik dan Pelatikan BEM, HMA, HMS - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

7/20/18

FT UNR Gelar Seminar Akademik dan Pelatikan BEM, HMA, HMS


Denpasar, Dewata News. Com - Fakultas Teknik (FT) Universitas Ngurah Rai (UNR) Denpasar menggelar Seminar Akademik dan Pelantikan Badan Kemahasiswaan (BEM, HMA, HMS) Masa Bhakti 2018-2019 di Gedung Auditorium UNR. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Rektor UNR, Dr.Drs. Nyoman Sura Aditenaya, M.Si dengan didampingi oleh Dekan FT UN, Ir. I Gusti Made Sudika, M.T. “Seminar Akademik FT UN akan menghadirkan dua orang narasumber yakni narasumber dari dosen Program Studi (Prodi) Teknik Sipil FT UNR, I Gusti Ngurah Eka Pertama, ST, M.Si dan Prodi Teknik Arsitektur FT UNR, Mariada Rijasa, ST, M.T,” ujar Sudika, Kamis (19/7) diruang kerjanya.

Dikatakan, kegiatan yang diselenggarakan oleh FT UNR ini akan dihadiri oleh seluruh mahasiswa dan dosen FT UNR, serta beberapa undangan dari Fakultas lainya.  “Khusus untuk Seminar Akademik ini memang rutin diselenggarakan setiap semester sebagai ajang untuk menyampaikan gagasan ataupun hasil penelitian ilmiah serta menjadi ajang diskusi bagi dosen dan mahasiswa FT UNR,” terangnya.

Lanjutnya, kegiatan Seminar Akademik yang dirangkai dengan Pelantikan Badan Kemahasiswaan (BEM, HMA, HMS) FT UNR Masa Bhakti 2018-2019 ini merupakan wadah bagi mahasiswa untuk terus bisa belajar organisasi dengan mengoptimalkan kreativitas yang dimiliki.  “Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk langkah awal dalam bersinergi antara akademik menuju masa depan FT UNR yang lebih baik sesuia dengan visi dan misinya yakni Unggul dan Berdaya Saing,” ucapnya.

Untuk itu, kami di FT UNR ingin mengajak generasi muda untuk bergabung kuliah ditempat kami dengan memilih Prodi yang dimiliki saat ini yakni Prodi Teknik Sipil dan Prodi Arsitektur yang keduanya sudah sepenuhnya terakreditasi  B ( Baik) oleh BAN-PT. Kami di FT UNR tetap membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk tahun ajaran 2018/2019 sampai 29 Agustus 2018. “Untuk informasi jelasnya bisa menghubungi sekeretariat FT di Hp: 0361477533 dan Hp: 0361462617 atau di website Http://www.ft.unr.ac.id, “ imbuhnya.

Sementara, terkait Seminar Akademik yang disampaikan oleh narasumber pertama, I Gusti Ngurah Eka Pertama, ST, M.Si yang juga merupakan dosen Prodi Teknik Sipil ST UNR dengan materi yang dibawakan yakni tentang Penentuan Tabel Plat Lantai Gedung  yang ditumpu pada keempat sisinya sesuai SNI 2847:2013. Dalam pemaparannya disampaikan tentang menentukan Tabel Plat Lantai Gedung yag ideal tanpa memasang balok anak sebagai pengaku. “Sedangkan untuk Analisa yang digunakan dalam menentukan Tabel Plat Lantai Gedung sesuai SNI 2847:2013 dengan hasil ketebalan Plat Lantai Gedung yakni Panel 3x3 m2, h=90 mm, 4x4 m2, h=95 mm, 5x3 m2, h=105 mm, 5x4 m2, h=110 mm, 5x5 m2, h=115 mm2, 6x3 m2, h=115 mm, 6x4 m2, h=125 mm, 6x5 m2, h=135 mm, 6x6 m2, h=140 mm, dan 1x6m2, h=155 mm,” imbuh Eka Pertama.

Kemudian untuk narasumber kedua dari Prodi Teknik Arsitektur FT UNR, Made Mariada Rijasa, ST, MT membawakan topik tentang  Pembahasan Analisa Penelitian Bangunan Rumah Tinggal di Kota Denpasar. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi factor-faktor yang berpengaruh dan menentukan bagaimana pengaruhnya terhadap nilai Bangunan Rumah Tinggal di Kota Denpasar adalah dengan kajian pustaka ditambah dengan survey, serta menyebarkan kuisionel dan wawancara. Adapun hasilnya, kelompok faktor yang paling berpengaruh terhadap nilai bangunan rumah tinggal di Kota Denpasar adalah lokasi dengan diikuti oleh lingkungan, karakteristik bangunan, dan karakteristik tanah,” kata Rijasa.   

Rektor UNR, Dr.Drs. Nyoman Sura Aditenaya menambahkan  dilaksanakannya Seminar Akademik dimasing-masing Fakultas itu sangat penting, sebab dengan dilaksanakan Seminar Akademik akan bisa mengembangkan pola-pola akdemik, dan juga kurikulum dengan baik. “Selain itu, Perguruan Tinggi seperti UNR akan bisa mengikuti perkembangan zaman dengan baik, dan bahkan akan mampu menciptakan lulusan yang bermutu serta berkualitas,” tambahnya.

Disampaing itu, mengenai Pelantikan BEM,  HMA, HMS  untuk di FT UNR wajib hukumnya, sebab kebaradan mereka nantinya bisa menjadi jembatan untuk kepentingan fakultas dan mahasiswa itu sendiri. Selanjutnya, tugas pimpinan BEM, HMA, HMS juga harus mampu mempromosikan Fakultasnya dengan baik. Untuk Prodi Tekni Sipil dan Prodi Arsitektur FT UNR terkait para dosen pengajarnya dirasakan sudah cukup profesionla dibidangnya. “Bahkan lulusan FT UNR hampir semuanya diterima di dunia kerja sesuai dengan kemampuanya (skill),” pungkasnya. (DN - BdI)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com