Paska Jebol Akibat Banjir Bandang, Jembatan Pedawa Selesai Diperbaiki - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

6/20/18

Paska Jebol Akibat Banjir Bandang, Jembatan Pedawa Selesai Diperbaiki


Buleleng, Dewata News.Com — Jembatan di atas sungai Penangkidan, yang menghubungkan Banjar Dinas Ingsakan dan Banjar Dinas Desa, di Desa Pedawa, Kecamatan Banjar hancur diterjang banjir pada bulan Januari 2018 lalu. Rusaknya jembatan ini menyebabkan akses perekonomian dan anak-anak sekolah menjadi terganggu.

Namun, saat ini jembatan tersebut sudah selesai diperbaiki, seperti diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Buleleng, Ketut Suparta Wijaya, ST, Rabu (20/6).

Suparta Wijaya menjelaskan, bahwa jembatan ini sangat urgen untuk diperbaiki. Hal ini mengingat jembatan yang menghubungkan Banjar Dinas Ingsakan dengan Banjar Dinas Desa, Desa Pedawa, Kecamatan Banjar ini merupakan salah satu jalur alternatif dari dan  ke Denpasar. Selain itu, jembatan ini merupakan jalur penghubung perekonomian warga untuk mengirim hasil bumi.

”Sekarang perbaikan ini sudah selesai. Jembatan sudah bisa dilalui motor dan juga mobil. Perbaikan ini terus dipercepat, karena jembatan di atas sungai Penangkidan ini merupakan jalur penting untuk perekonomian dan juga siswa berangkat ke sekolah,” jelasnya.

Suparta Wijaya juga menambahkan, proyek perbaikan ini dilakukan dengan proses pengadaan langsung dengan pagu anggaran sebesar hampir Rp200 juta. Namun, saat penandatanganan kontrak berhasil dilakukan efisiensi, sehingga nilai kontrak adalah Rp179.425.000. Efisiensi dilakukan sebesar Rp20.575.000. Perbaikan ini dikerjakan oleh CV. Mitra Indah dengan jangka waktu pelaksanaan selama 120 hari kalender.

”Pengerjaan dilakukan oleh CV Mitra Indah dengan jangka waktu 120 hari. Kami juga berhasil melakukan efisiensi sebesar Rp20 juta lebih,” ujar Suparta Wijaya.

Sebelumnya untuk mengganti jembatan yang hancur akibat banjir, warga menggantinya dengan jembatan darurat yang terbuat dari bambu. Jembatan ini hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki dan pengendara sepeda motor secara bergantian. Warga secara bergotong royong membangun jembatan dari bambu tersebut dan dalam waktu empat jam sudah selesai.

Seperti diketahui, beberapa ruas jalan dan juga jembatan di daerah perbukitan Buleleng hancur karena diterjang banjir bandang pada musim penghujan akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018. Salah satunya jembatan di atas Sungai Penangkidan ini.

Dengan telah selesainya perbaikan jembatan tersebut, Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG pun sempat meninjau Desa Pedawa, Rabu (20/06) dan menyerahkan bantuan kepada warga masyarakat setempat. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com