Tim Saber Pungli di Buleleng Fokus Upaya Pencegahan - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

5/2/18

Tim Saber Pungli di Buleleng Fokus Upaya Pencegahan


Buleleng, Dewata News.Com — Unit Pemberantasan Pungli (UPP) atau Tim Satuan Berantas Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Buleleng hingga saat ini sudah melakukan beberapa kegiatan, seperti Pencegahan, Intelijen, Penindakan dan Yustisi.

Baca Juga : Peringati Hardiknas, Dunia Pendidikan Harus Sesuaikan Arus Informasi di Dunia

”Dari keempat kegiatan tersebut, yang mengalami peningkatan pesat yakni Kelompok Kerja (Pokja) Pencegahan. Pada tahun 2017, kegiatan pencegahan hanya ada 5 giat. Sedangkan untuk tahun ini sudah mencapai 15 giat pencegahan yang dilakukan”, seperti diakui Ketua UPP Tim Saber Pungli Kabupaten Buleleng Kompol Ronny Riantoko S.Ik, MM ketika memimpin rapat koordinasi di Kantor Inspektorat Buleleng, Rabu (02/05)

Menurut Kompol Ronni Riantoko yang juga Wakapolres Buleleng ini, bahwa untuk mencegah terjadinya pungli, Pokja Pencegahan UPP Kabupaten Buleleng telah melukakan sosialisasi bebas pungli. Sosialisasi dilakukan dengan menyasar kantor-kantor pelayanan masyarakat dan desa-desa yang disinyalir merupakan celah untuk melakukan pungli.

Selain itu, upaya pencegahan yang dilakukan oleh Pokja Pencegahan UPP Kabupaten Buleleng dengan pemasangan baliho, dan penyebaran brosur yang berisikan tentang Saber Pungli dan sanksi hukumnya.

Selaku Ketua UPP Tim Saber Pungli Kabupaten, Ronny Riantoko sangat mengapresiasi peningkatan yang dialami pokja pencegahan. Ronny Riantoko menegaskan, masih ada beberapa peningkatan yang harus dilakukan dalam giat pencegahan.

Ia mengatakan, akan lebih fokus dalam giat pencegahan agar pungli bisa dihindari. Karena itu, pihaknya akan terus melakukan evaluasi dan koordinasi untuk menyamakan persepsi agar terjalin kesamaan tindakan ke depan.

”Dibandingkan dengan empat bulan terakhir pada tahun 2017, sangat jauh peningkatan yang sudah dicapai. Tapi kami sudah sepakat agar pencegahan ini harus ditingkatkan, sehingga tim dari penyidik tidak dipusingkan dengan pungli yang sebenarnya bisa dicegah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Buleleng, I Putu Yasa, SH,MM menjelaskan, rapat ini rutin dilakukan setiap tri wulan pertama. Senada dengan Ketua UPP, Putu Yasa mengatakan, UPP Kabupaten Buleleng mengedepankan pencegahan-pencegahan dan sosialisasi-sosialisasi.

Menurutnya, hal tersebut harus dilakukan guna mencegah adanya pungli di Kabupaten Buleleng, bahkan kedepannya akan melakukan sosialisasi dengan mengundang narasumber dari Polda Bali dan Inspektorat Provinsi Bali.

”Upaya pencegahan ini sudah dirasakan masyarakat, sehingga hal ini tentunya harus ditingkatkan lagi. Kedepannya kami akan mengundang narasumber dari Polda Bali dan Inspektorat Provinsi Bali agar peserta sosialisasi lebih memahami apa itu Saber Pungli,” ungkapnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com