Sudikerta Sambangi Rumah Pembuat Gitar Terkenal Dunia - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

5/27/18

Sudikerta Sambangi Rumah Pembuat Gitar Terkenal Dunia


Denpasar, Dewata News. Com - Calon Wakil Gubernur Bali nomor urut 2 dari Koalisi Rakyat Bali (KRB) I Ketut Sudikerta mengunjungi rumah pembuat gitar bernama I Wayan Tuges, Guwang, Sukawati, Gianyar, Minggu (27/5). Dalam kunjungan tersebut, Sudikerta didampingi oleh

 Ketua DPD Golkar Gianyar, Tim KRB Provinsi Bali dan Kabupaten Gianyar, serta tim relawan. Kunjungan kali ini bertujuan untuk mendengar aspirasi dari salah satu pengerajin gitar di Gianyar dan juga sebagai wujud penghormatann dan penghargaan terhadap para pelaku seni di Bali. "Pak Tuges merupakan salah satu pengerajin yang ada di Desa Sukawati, Gianyar. Meski umur Beliau sudah hampir mencapai 70 tahun, beliau masih tetap berkarya membuat gitar," ujar Sudikerta.

Tuges telah memproduksi setidaknya ratusan gitar. Gitar-gitar buatannya tersebut merupakan hasil tangannya sendiri atau handmade, mulai dari gitar ukulele hingga gitar listrik. Gitar hasil karya Pak Tuges bisa dikatakan dapat bersaing dengan merk-merk manca negara seperti Ibanez, Gibson, Yamaha, dan gitar merk terkenal lainnya. Tidak hanya gitar, Pak Tuges juga memproduksi karya seni lainnya seperti karya seni pahat.

Saat dikonfirmasi Pak Tuges menyampaikan bahwa beliau ingin hasil karyanya dapat diketahui dan diminati oleh warga lokal. Tuges juga berkeluh kesah bahwa karyanya lebih mudah untuk dipasarkan di luar negeri daripada di Bali sendiri. "Hasil karya saya malah lebih dikenal di luar negeri dari pada di Indonesia," ujar Tuges.

Sudikerta menerima dengan baik aspirasi dari Tuges. Kedepannya para pengerajin akan diberikan permodalan untuk menunjang usahanya, dan dibantu dari segi promosinya. Dalam program kerja Nawacandra yang diusung oleh Mantra-Kerta juga terdapat program untuk mensejahterakan para seniman dan akan memberikan insentif agar menunjang kesejahteraan para seniman tersebut. Kunjungan tersebut diakhiri dengan menyanyi bersama Sudikerta bersama membawakan sebuah lagu yang berjudul "Selem-Selem Manis". (DN - *)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com