Sikapi Tenaga Kerja Asing, Komisi IV DPRD Buleleng Sidak PLTU Celukan Bawang - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

5/16/18

Sikapi Tenaga Kerja Asing, Komisi IV DPRD Buleleng Sidak PLTU Celukan Bawang




Buleleng, Dewata News.Com — Dalam menyikapi keberadaan tenaga kerja asing (TKA), Komisi IV DPRD Kabupaten Buleleng dipimpin Ketua-nya, Ir.Gede Wisnaya Wisna melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PLTU Celukan Bawang. 



Kegiatan Komisi IV DPRD Buleleng yang dilakukan pada hari Selasa (15/05) siang itu juga mendapat pendampingan dari Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Buleleng Ni Made Dwi Priyanti Putri Koriawan, SE beserta staf, dan Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Bali Dewa Nyoman Merta Sedana.


Kedatangan rombongan dari Dewan Buleleng beserta pimpinan dinas terkait diterima oleh General Affair, Indirani Tanu Tanto dan Edy Purwanto selaku Penerjemah dan Pengawasan Tenaga Kerja Asing di ruang pertemuan PLTU Celukan Bawang.



Selaku Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Buleleng, Gede Wisnaya Wisna memaparkan maksud dan tujuan kegiatan yang dilaksanakan ke PLTU Celukan Bawang untuk mengetahui dari dekat kondisi dan jumlah tenaga kerja yang dipekerjakan di PLTU Celukan Bawang, baik tenaga lokal maupun tenaga kerja asing.



”Kegiatan yang kami laksanakan ini sesuai dengan Perpres No.20 Tahun 2018 yang sudah diterbitkan Presiden, dimana Pemerintah Daerah melalui dinas terkait dan DPRD melakukan kunjungan kew perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja asing”, kata Gede Wisnaya Wisna.



Terkait maksud tersebut, Edy Purwanto selaku Penerjemah dan Pengawasan Tenaga Kerja Asing mengatakan, bahwa saat ini tenaga kerja asing di CHD berjumlah 148 orang, sedangkan tenaga kerja lokal sebanyak 214 orang.



Menurut Edy Purwanto, tenaga kerja asing yang dipekerjakan sudah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Artinya, kalau bekerja di bagian teknis dengan skill sesuai dengan pengoperasian PLTU Celukan Bawang. Sementara untuk tenaga kerja lokal saat ini sudah ada yang masuk di bidang teknis dan sisanya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.



Untuk tenaga kerja di PT GEB, lanjut Edy Purwanto, jumlah keseluruhan sekitar 30 orang, 10 orang di antaranya tenaga kerja asing dan sisanya tenaga kerja lokal.



”PT GEB dan CHD berbeda di manajemen, karena untuk CHD bergerak sebagai operasional di seluruh pengoperasian PLTU Celukan Bawang. Sedangkan PT GEB selaku pemilik dari PLTU”, jelas Edy Purwanto.



Ketua Komisi IV DPRD Buleleng Gde Wisnaya Wisna usai melihat kondisi di lapangan secara keseluruhan mengatakan, bahwa setelah melihat di beberapa ruangan, seperti ruang control dan ruang pembangkitan dengan spesifikasi pekerjaannya lebih tinggi, ternyata sudah ada tenaga lokal.



”Kedepannya kami berharap dari PLTGU Celukan Bawang bisa bekerja sama yang baik dengan SMK Negeri 3 Singaraja untuk bisa menerima magang maupun bisa memperkerjakan siswa yang sudah tamat di PLTGU Celukan Bawang”, pinta Gede Wisnaya Wisna.



Sementara Kadisnaker dan Transmigrasi Kabupaten Buleleng Dwi Priyanti membenarkan data tenaga kerja yang disampaikan pihak manajemen, karena pihaknya selama ini terus mensosialisasikan terkait peraturan perundang-undangan yang berlaku. Terutama menyangkut mempekerjakan tenaga kerja asing.  (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com