Jelang Galungan dan Kuningan, Kenaikan Harga Perlengkapan Upacara Masih Terjangkau - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/23/18

Jelang Galungan dan Kuningan, Kenaikan Harga Perlengkapan Upacara Masih Terjangkau

Salah Satu Pedagang © Foto by Cintya Parina

Gianyar, Dewata News. Com - Jelang hari raya Galungan dan Kuningan, sejumlah perlengkapan upacara merangkak naik. Perlengkapan upacara yang mengalami kenaikan  diantaranya aneka ragam bunga seperti kembang seribu, kembang kertas, gumitir, pacar sampai dengan janur.

Pantauan di pasar Umum Gianyar, Kamis (23/5), bunga pacar rata-rata per kilogram Rp. 20.000 dari sebelumnya hanya Rp. 17.000. Gumitir dari Rp. 7.000 menjadi Rp. 12.000 per kilogram. Bunga kembang seribu dari Rp. 8.000 menjadi 10.000 per kilogram, kembang kertas dari Rp. 15.000 menjadi Rp. 20.000 dan janur dari 15.000 menjadi Rp.17.000.

"Kenaikan ini lumrah terjadi karena dekat hari raya Galungan dan biasanya harga naik lagi empat hari sebelum hari raya Galungan," ujar Wayan Sujati, pedagang bunga di Pasar Umum Gianyar.

Menurut Sujati, kenaikan ini juga karena permintaan banyak dan diakuinya menjadi berkah bagi pedagang bunga setiap perayaan agama Hindu di Bali. Tidak beda dengan janur, meski pasokan janur melimpah, dan sebagian besar didatangkan dari Jawa, harga tetap naik namun naik tipis berkisar Rp. 2.000.

"Tiang jual Rp. 17.000 per ikat besar, sebelumnya Rp. 15.000," ujar Ketut Darmini, pedagang janur di pasar Gianyar.

Dikatakan Darmini, pasokan janur memang melimpah, namun permintaan juga meningkat di pasaran. Diperkirakan harga perlengkapan upacara akan terus meningkat. seiring kian dekatnya puncak hari raya Galungan.

Pemkab Gianyar sendiri melalui Disperindag telah mengantisipasi kenaikan harga menjelang Galungan dan Kuningan dengan menyelenggarakan Pasar Murah di pasar umum tiap kecamatan yang telah berlangsung awal Mei lalu. 

"Tujuannya meringankan beban masyarakat terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok," terang Kepala Disperindag Kabupaten Gianyar, I Wayan Suamba.

Kenaikan harga perlengkapan upacara keagamaan ini menurut Suamba masih terjangkau oleh masyarakat. Sementara itu, untuk kebutuhan pokok, pihaknya jauh hari sebelumnya telah mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan pasar murah untuk keperluan rumah tangga. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com