Buleleng Mulai Terapkan Puskemas Ramah Anak - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

5/7/18

Buleleng Mulai Terapkan Puskemas Ramah Anak


Buleleng, Dewata News. Com — Untuk mem”proklamirkan” daerahnya sebagai Kabupaten Layak Anak, Kabupaten Buleleng kini telah menerapkan Puskesmas Ramah Anak (PRA). Hal ini merupakan salah satu syarat untuk mencapai Kota Layak Anak (KLA). Ini dikarenakan, kewajiban daerah untuk memberikan jaminan keberlangsungan masa depan anak.

Puskesmas Ramah Anak ini didirikan juga untuk menindaklanjuti Undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Undang-Undang nomor 5 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak.

Seperti diketahui, Puskesmas ramah anak wajib memenuhi pelayanan sesuai kriteria yang disyaratkan, seperti tersedianya fasilitas layanan kesehatan khusus ibu dan anak, tersedianya tempat khusus pemeriksaan anak, ada taman gizi, pojok ASI, pojok oralit, tempat bermain, tersedia dokter anak, konseling untuk anak, ruang tumbuh kembang anak serta tempat pelayanan korban kekerasan terhadap anak.

Salah satu Puskesmas ramah anak yang ada di Kabupaten Buleleng, yaitu Puskesmas Sawan 1, Kecamatan Sawan. Puskesmas Sawan 1 telah menerapkan PRA mulai dari tahun 2016. Di PRA Sawan 1 ini disediakan wahana permainan anak yang bisa digunakan anak-anak sambil menunggu giliran mendapat pelayanan.

PRA Sawan 1 memiliki dua sarana bermain yang berbeda untuk anak dibawah 3 tahun dan anak diatas 3 tahun. Tempat bermain ini disediakan di sebelah ruang tunggu pasien. Beberapa wahana permainan disiapkan seperti, perosotan, ayunan, bola, jungkat-jungkit, dan lain-lain.

Pegawai Administrasi Puskesmas Sawan 1 Made Karmawan Putra mengatakan, Puskesmas ramah anak merupakan suatu wujud pelayanan bidang kesehatan yang memproyeksikan kenyamanan anak saat berada di fasilitas kesehatan.


Ia mengaku, selama ini masyarakat yang membawa anaknya untuk diperiksa sangat menikmati wahana permainan yang ada di Puskesmas ini, karena mereka bisa bermain sambil menunggu antrean. Namun menurutnya, masih ada beberapa fasilitas permainan anak yang perlu dibenahi.

”Kami merintis mulai tahun 2016 dan sampai sekarang sudah ada penambahan fasilitas bermain. Untuk kedepan kami sudah menganggarkan untuk menambah fasilitas keamanan agar anak-anak yang bermain merasa aman dan nyaman,” ujar Made Karmawan saat ditemui diruangan kerjanya, Senin (07/05).

Made Sudiartama, salah seorang warga asal Desa Giri Emas mengatakan, sangat setuju dengan adanya wahana permainan anak. Menurutnya, wahana ini mampu menghilangkan kebosanan bagi anak-anak yang sedang menunggu giliran untuk diperiksa. Made Sudiartama berharap, wahana permainan anak ini bisa diperlebar lagi agar anak-anak lebih nyaman dalam bermain.


”Setiap saya ajak anak saya kesini, anak saya selalu bermain di wahana ini sambil menunggu antrean. Saran saya agar wahana permainan anak ini bisa diperlebar karena sekarang masih sempit, dan harus dilengkapi dengan keamanan,” harapnya. (DN ~ TiR).

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com