Geliatkan Peran KWT, Pemkab Buleleng Gelar Pameran Pasar Pangan Lokal - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/27/18

Geliatkan Peran KWT, Pemkab Buleleng Gelar Pameran Pasar Pangan Lokal


Buleleng, Dewata News. Com —Pemkab Buleleng dibawah duet kepemimpinan pasangan Bupati Putu Agus Suradnyana,ST dan Wakil Bupati dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG memberikan ruang kepada para pelaku industri kreatif untuk memamerkan hasil produksi terus digeliatkan. Hal ini dibuktikan dengan seringnya Pemkab Buleleng menyediakan ruang untuk pameran hasil dari UKM, baik pangan maupun non-pangan disetiap kegiatan Pemkab Buleleng.

Seperti yang terlihat pada hari Jumat (27/04) pagi, dalam acara Apel Kerida yang diselenggarakan di Taman Kota Singaraja, Pemkab Buleleng melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar Pameran Pasar Pangan Lokal. Berbagai hasil olahan pangan non beras dan hasil pertanian ditata rapi oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) di 9 Kecamatan di Kabupaten Buleleng untuk dijual kepada masyarakat umum dan para pegawai Pemkab Buleleng yang mengikuti Apel Krida.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Buleleng drh. Nyoman Surya Temaja, MP mengungkapkan maksud dan tujuan diselenggarakannya Pameran Pasar Pangan Lokal tersebut, yaitu untuk memberdayakan KWT di Kabupaten Buleleng melalui pameran. Pasalnya, sejumlah 270 lebih KWT di Buleleng selama ini jarang mendapat kesempatan untuk memamerkan hasil olahan pangan maupun hasil pertanian.

Surya Temaja menambahkan, sesuai dengan perintah Bupati Buleleng, kegiatan ini akan rutin dilakukan pada hari Jumat diminggu ketiga setiap bulannya.

”Hal ini merupakan keinginan Bapak Bupati untuk menampilkan hasil pameran dari KWT sambil mengedukasi agar lebih kreatif lagi untuk menciptakan menu yang berbahan non beras. Karena keterbatasan anggaran, kami hanya bisa menampilkan setiap bulan sekali, mulai bulan Februari lalu hingga nanti bulan November 2018,” pungkasanya.

Sementara itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST juga terlihat ikut berbelanja beberapa hasil olahan dan hasil pertanian yang dipamerkan. Bukan hanya berbelanja, Bupati yang gemar memasak ini menghampiri satu persatu stand pameran dan berkomunikasi dengan pemilik stand pameran
Menurut Bupati PAS, bahwa pameran ini cukup memberikan ruang kepada mereka untuk bertransaksi. Bupati Suradnyana mengungkapkan, kedepannya setiap hari jumat dan sabtu akan mengadakan pameran yang sama di Rumah Jabatan Bupati.

”Saya sedang merencanakan untuk mengadakan pameran seperti ini di Rumah Jabatan. Nanti yang dipamerkan tentunya dengan Quality Control agar yang dipamerkan memiliki nilai jual yang baik dan dengan kualitas yang baik juga. Kami juga bisa menjamin yang dijual disana masih segar dan rasanya enak,” tuturnya.


Apel Krida kali ini dirangkaikan juga dengan penyerahan beras gratis dari Program Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian RI kepada masyarakat Lansia, keluarga miskin dan masyarakat terdampak musibah. Beras gratis ini diserahkan langsung oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana secara simbolis didampingi Asisten Pemerintahan Made Arya Sukerta, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buleleng drh. Nyoman Surya Temaja, MP. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com