Pengkab PEXI Buleleng Sosialisasikan Cabor Xiangqi - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

3/19/18

Pengkab PEXI Buleleng Sosialisasikan Cabor Xiangqi


Buleleng, Dewata News. Com — Sejak dikukuhkannya kepengurusan di tingkat daerah, Buleleng memiliki wadah sah olahraga Catur China atau Xiangqi. Pengkab Persatuan Xianqi (PEXI) Buleleng yang tergabung di bawah induk KONI Buleleng Mei 2017 lalu, saat ini tengah memproyeksikan sosialisasi cabang olahraga baru tersebut.

Ketua Umum PEXI Buleleng I Gede Wayan Suparna, S.Pd. MPd. mengatakan, catur cina merupakan olahraga yang baru berkembang dan berpotensi sebagai olahraga prestasi.

”Melihat ini adalah olahraga baru di Indonesia jadi masyarakat masih awam. Ini tergantung dari kita, bagaimana kerja keras kita. Jadi ini tentunya berpeluang sekali untuk meraih prestasi, dan kita di Xiangqi untuk Pexi Bali berjuang agar cabang olahraga ini bisa masuk PON", jelasnya di Singaraja, Senin (19/03).

Ni Made Ananda Ayu Permata (17) siswa kelas XII IPA SMA Bali Mandara salah satu atlet Xiangqi Buleleng yang berhasil mendudukin posisi 8 besar di tingkat nasional pada Kejurnas tahun lalu. Keberhasilannya  itu diperkuat dengan perolehan medali emas di kategori beregu dan perak di nomor perorangan pada Porprov 2017 di Gianyar.

Berdasarkan pengalamannya yang sempat gagal terpilih pada cabang catur konvensional, menjadikan Ni Made Ananda Ayu Permata beralih ke olahraga catur cina.

"Awalnya saya dikenalkan oleh Ketua Pexi Buleleng, karna saya tidak masuk di Porprov untuk catur biasa jadi saya coba beralih ke Xiangqi. Akhirnya saya berhasil keluar meraih emas dalam eksebisi Porprov kategori beregu dan perak untuk kategori perorangan. Selain itu di ajang Kejurnas berhasil menempatkan saya di posisi 8 besar di nasional", ucapnya.

Berhasil menjadi juara umum pada Porprov tahun lalu di Gianyar dengan menyabet emas beregu putra dan putri, Pengkab PEXI Buleleng menargetkan hasil yang maksimal untuk Porprov mendatang di Tabanan dengan mematangkan semua nomor yang dipertandingkan.

Ditengah menggeliatnya atlet muda Buleleng yang berhasil meraih prestasi di tingkat regional maupun nasional, masih banyak kendala yang dihadapi Pengkab PEXI Buleleng terkait pengadaan prasarana, berupa papan dan biji Xiangqi, karena untuk di Indonesia masih tergolong minim dan harus didatangkan dari luar negeri.

Guna mengatasi kendala tersebut dalam waktu dekat Ketua Umum PEXI, Wayan Suparna akan melakukan pendekatan dengan KONI Buleleng agar Xiangqi dapat diperhatikan. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com