Jadi ”Duta” Kecamatan Sukasada, Desa Wanagiri Dinilai Tim Kabupaten - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

3/6/18

Jadi ”Duta” Kecamatan Sukasada, Desa Wanagiri Dinilai Tim Kabupaten


Buleleng, Dewata News. Com — Wakil Bupati Buleleng dr I Nyoman Sutjidra Sp OG bersama Wakil TP PKK Kabupaten Buleleng Nyonya Ayu Wardhany Sutjidra, didampingi para Pimpinan OPD lingkup Pemkab Buleleng menghadiri kegiatan penilaian Perlombaan Desa Pada Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Buleleng tahun 2018 di Desa Wanagiri sebagai ”duta” Kecamatan Sukasada, Selasa (06/03).

Pada acara penerimaan Tim Penilai Lomba Desa Kabupaten Buleleng di gedung Serba Guna Desa Wanagiri itu, juga tampak hadir anggota DPRD Kabupaten Buleleng Dapil Sukasada, seperti Wayan Teren dan Wayan di samping Camat Sukasada Made Dwi Adnyana beserta para Perbekel se-Kecamatan Sukasada.

Dalam sambutannya Wabup Sutjidra mengatakan, evaluasi perkembangan tingkat desa ini tiada lain untuk mengevaluasi kinerja perbekel dan jajarannya, baik di bidang pemerintahan, kemasyarakatan dan kewilayahan, karena dari sembilan belas indicator yang di nilai laporannya adalah hal tersebut.

Mengenai pemberdayaan masyarakat, Wabup Sutjidra sangat mengapresiasi pemberdayaan lansia yang telah dilakukan Pemdes Wanagiri pada kegiatan-kegiatan desa. Selain itu, pemberdayaan masyarakat secara menyeluruh juga telah dilakukan oleh Pemdes  Wanagiri dalam berbagai kegiatan.

”Hal ini sudah sesuai dengan instruksi Bapak Presiden RI, Ir. Joko Widodo agar seluruh program kegiatan di desa di padat karya kan. Artinya masyarakat di desa harus diberdayakan dalam seluruh kegiatan yang didanai dari APBDes,” ujarnya.

Wabup Sutjidra juga menilai, khusus di Desa Wanagiri memiliki potensi pariwisata dan perkebunan yang cukup bagus, dikarenakan alam Desa Wanagiri sangatlah indah, ini merupakan potensi yang nantinya mampu meningkatkan PAD Desa Wanagiri ”Jadi, memang alam Wanagiri ini sangat indah, ini merupakan potensi untuk dapat meningkatkan PAD” jelas Wabup Sutjidra.

Lebih jauh Wabup Sutjidra mengatakan PAD yang di dapat dari potensi pariwisata dan perkebunan di Desa Wanagiri agar di peruntukkan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Wanagiri.

Terkait potensi perkebunan yang dimiliki, anggota Dewan Wayan Teren menilai, Desa Wanagiri juga memiliki produksi kopi yang tidak kalah dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Bahkan, dari kualitas kopi yang dimiliki telah berhasil memikat investor luar negeri untuk membantu dalam proses produksi sampai dengan ke tingkat pemasaran.

Sebagai wakil rakyat Dapil Kecamatan Sukasada, lanjut Wayan Teren, akan berupaya melakukan langkah-langkah koordinasi dengan Pemkab Buleleng melalui OPD terkait, sesuai dengan tugas pokok lembaga dewan dibidang penganggaran dan pengawasan, guna melakukan pembinaan kepada masyarakat yang tergabung dalam kelompok-kelompok usaha produksi, sehingga diharapkan nantinya akan berdampak pada kesejahteraan masrakat kabubaten Buleleng dan Desa Wanagiri khususnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com