Didukung Fasilitas Berstandar Nasional, PRSI Buleleng Terus Tingkatkan Prestasi - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

3/6/18

Didukung Fasilitas Berstandar Nasional, PRSI Buleleng Terus Tingkatkan Prestasi


Buleleng, Dewata News. Com — Setelah sukses menggelar Disdikpora Cup II pada November lalu, kali ini Pengkab Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Buleleng kembali menggelar kejuaraan renang kelompok umur antar sekolah “Singaraja Cup” memeriahkan HUT ke-414 Kota Singaraja yang rencananya akan digelar pada hari Minggu (25/03).

Kejuaraan yang dilaksanakan untuk kedua kalinya itu, menurut Sekretaris umum PRSI Buleleng, Wayan Setaya, kejuaraan yang rutin digelar PRSI Buleleng pada peringatan HUT Kota Singaraja ini tidak hanya bertujuan untuk memasalkan cabang olahraga renang, namun juga diproyeksikan untuk meningkatkan prestasi.

Menurut Setaya, dengan fasilitas berstandar nasional, yakni Kolam Renang Nirmala Asri yang sudah dimiliki Buleleng saat ini, PRSI berkomitmen tinggi untuk meningkatkan prestasi renang para atletnya.

Dikatakan, dari pembinaan yang diupayakan PRSI selama ini telah membuahkan hasil. Berbagai prestasi atlet renang Buleleng di kancah nasional selalu membawa pulang medali.

”Hal ini sudah nampak dari berbagai pembinaan yang telah kita lakukan, terbukti dari bulan Oktober 2017, Kejuaraan Renang Walikota Cup di Yogyakarta, kami mengirimkan atlet untuk pertama kali, langsung mendapatkan medali”, ucap Setaya.

Setaya menuturkan, pada kejuaraan renang Walikota Cup di Yogyakarta yang berlangsung 6-8 Oktober 2017, atlet Buleleng berhasil menyabet 1 medali emas dan 3 medali perak. Dilanjutkan pada ajang Indonesia Open KRAPSI (Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan Seluruh Indonesia) 2017 yang berlangsung 9-15 Desember 2017, atlet Buleleng atas nama I Made Bayu Artiana Putra Dhananjaya (9 tahun) berhasil berada di urutan 10 besar.

Tidak berhenti sampai disana, Bayu yang kemudian menjadi perenang muda andalan Buleleng di kancah nasional membuktikan kembali kemampuannya pada ajang KRAS (Kejuaraan Renang Antar Sekolah) 13-14 Januari 2018 di Sleman Yogyakarta, dengan membawa pulang 3 emas, 2 perak dan 2 perunggu serta dinobatkan sebagai perenang terbaik kedua di kelompoknya pada lomba tersebut.

Prestasi puncak diraih Made Bayu pada kejuaraan renang antar perkumpulan Petrokimia Cup IX 2018 di Gresik Surabaya, 24-25 Februari 2018. Mengharumkan nama Buleleng, Bayu dinobatkan sebagai perenang terbaik pertama di kelompok umurnya dengan menyabet 3 emas, 1 perak dan 2 perunggu.

Menurut Setaya, prestasi yang sudah diraih tersebut membuktikan bahwa pembinaan yang dilakukan PRSI Buleleng selama ini telah membuahkan hasil, meskipun baru satu-dua orang. Kedepan Setaya berharap akan lebih banyak lagi atlet yang dibina untuk meningkatkan prestasinya.

”Tentu harapan kami kedepan masih banyak atlet-atlet yang bisa kami bina untuk ditingkatkan prestasinya. Tapi perlu diingat bahwa banyak faktor yang ikut menentukan dalam hal peningkatan prestasi. Pertama sarana prasarana, kedua bakat seorang atlet, yang berikutnya paling menentukan adalah dukungan orang tua mutlak dibutuhkan, dan yang keempat adalah pelatih”, paparnya.

Wayan Setaya menambahkan, selain Bayu memang ada banyak bibit-bibit baru lainnya, namun belum bisa tampil optimal disebabkan beberapa faktor diantaranya berbagai kesibukan orangtua atlet yang belum sempat mendampingi putra/putrinya untuk berlatih maupun mengikuti kejuaraan keluar daerah.

“Mudah-mudahan banyak yang mendengar apa yang saya sampaikan ini, orangtua mulai lebih sadar, lebih meningkatkan prestasi anak, karena ini prestasi jangka panjang di keluarga masing-masing. Itu sangat penting bagi kami, sehingga kalau orangtua, atlet dan pelatih itu menjadi satu kesatuan dan bersinergi dengan baik tentu dalam waktu singkat kita bisa mencetak atlet-atlet baru”, ucapnya.

Disinggung persiapan atlet renang menuju Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Bali yang akan diselenggarakan 3-4 Juni 2018 di Kolam Renang Tirta Arum Blahkiuh Kabupaten Badung, Sekum PRSI Buleleng, Wayan Setaya mengatakan, untuk memenuhi kuota 12 orang yang akan diturunkan pada Porjar Bali nanti, pihaknya telah menyiapkan atlet yang terjaring pada Disdikpora Cup bulan November lalu dan nanti akan digabungkan dengan hasil kejuaraan Singaraja Cup II. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com