Puskemas Buleleng I Terapkan ”Pena Emas” di Posbindu Banjar Tegal - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

1/26/18

Puskemas Buleleng I Terapkan ”Pena Emas” di Posbindu Banjar Tegal


Buleleng, Dewata News. Com —  Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) ”Sehati” di kantor Kelurahan Banjar Tegal, Buleleng, Singaraja yang diselenggarakan Puskesmas Buleleng I secara rutin dan berkelanjutan setiap bulan senantiasa mendapat apresiasi warga masyarakat setempat memeriksakan kondisi kesehatannya. Termasuk Keluan Adat Banjar Pakraman Banjar Tegal Jmk.Putu Santra dan Lurah Banjar Tegal.

Seperti halnya kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tanggal 26 pada bulan bersangkutan, Jumat (26/01) kegiatan POSBINDU ”Sehati” di kantor Kelurahan Banjar Tegal pagi itu langsung dipimpin Kepala Puskesmas Buleleng I, dr. I Gd Purnamawan dibantu beberapa orang staf, termasuk Bidan Desa / Kelurahan Banjar Tegal.
Dr.I Gd Purnawan yang belum seumur jagung memimpin Puskemas Buleleng I ini langsung mengendalikan kegiatan POSBINDU di Kelurahan Banjar Tegal, mengingat penerapan program inovasi terbaru yang disebut ”Pena Emas”.

Apa itu Pena Emas? Menurut dokter kelahiran Desa Penuktukan, Kecamatan Tejakula ini, bahwa Pena Emas itu merupakan penjabaran dari program terbaru Puskesmas Buleleng I, menyangkut penyuluhan, akumresur, edukasi masyarakat.

”Posbindu ini sebagai salah program Puskesmas yang ditujukan kepada warga masyarakat yang  berusia 15 tahun ke-atas, dengan penekanan sasaran adalah penyakit yang tidak menular, di antaranya kencing manis, hipertensi, stroke maupun penyakit jatung dan lain sebagainya,” kata dr.I Gd Purnamawan mengawali perbincangannya dengan Dewata News.com usai terlaksananya kegiatan.


Putra pertama dari Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Buleleng Ketut Wirsana ini mengungkapkan, melalui kegiatan Posbindu ini sehingga warga masyarakat yang tidak mengetahui kondisi kesehatannya biar bisa secara rutin di cek.

”Dengan melakukan cek kesehatan secara rutin setiap bulan, bisa mengetahui kondisi kesehatan. Seperti halnya, tadi ada seorang warga yang sehari-harinya tidak mengetahui atas kondisi kesehatannya, setelah melakukan cek kesehatan, ternyata gula darahnya sangat tinggi, sehingga dirujuk ke Puskesmas terlebih dahulu sebelum ke RSUD Buleleng. Itu tujuan kegiatan Posbindu yang sebenarnya,” kata dr.I Gd Purnamawan.

Kenapa harus dirujuk ke Rumah Sakit? Menurut Kepala Puskesmas Buleleng I ini, karena terbatasnya obat-obatan pada kegiatan Posbindu yang pada intinya mengedepankan pemeriksaan, dengan persediaan obat-obatan umumnya untuk gejalan sakit ringan.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan masyarakat yang dilakukan selama kegiatan Posbindu ”Sehati” Kelurahan Banjar Tegal ini, dijelaskan dr.IGd Purnamawan, tidak ditemukan penyakit menular. ”Kendati memang ada warga yang melakukan cek kesehatan terkena penyakit batuk dan sejenisnya tapi tidak menular,” imbuhnya. (DN ~ TiR).

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com