Kesiapan RSUD Buleleng Sebagai RS Pendidikan Ditinjau, Jalan Mulus Terwujudnya Prodi Kedokteran Undiksha - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

1/5/18

Kesiapan RSUD Buleleng Sebagai RS Pendidikan Ditinjau, Jalan Mulus Terwujudnya Prodi Kedokteran Undiksha


Buleleng, Dewata News. Com —Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemeristekdikti) yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri, Prof. Agus Puji dan Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Prof. Yohannes Sardjono mengunjungi RSUD Buleleng di Singaraja, Kamis (04/01). Diterima Dirut RSUD Buleleng dr.Gede Wiartana, perwakilan dari Kemenristekdikti dan BATAN didampingi Rektor Undiksha Dr.Jampel meninjau IGD RSUD Buleleng.

Kunjungan yang mendadak ini bertujuan sebagai persiapan visitasi dan juga mengecek kesiapan RSUD Buleleng menjadi Rumah Sakit (RS) Pendidikan sebagai penopang terwujudnya Program Studi (Prodi) Kedokteran di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Peninjauan dari Kemenristekdikti dan BATAN ke Buleleng ditengarai sebagai jalan mulus segera terwujudnya Prodi Kedokteran di Undiksha sebagai dambaan pemerintah daerah dan masyarakat Buleleng.
Keduanya sempat berkeliling meninjau fasilitas yang ada di RSUD Buleleng. Di antara fasilitas tersebut, ruang kelas rawat inap, kamar VVIP, ruang Intensive Care Unit (ICU), dan pelayanan yang sedang berlangsung di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Direktur Utama (Dirut) RSUD Buleleng, dr. Gede Wiartana, M.Kes yang mendampingi tim saat berada di RSUD Buleleng menjelaskan, kedatangan dua orang perwakilan ini sebagai persiapan visitasi yang akan dilakukan oleh Kemenristekdikti. Selain itu, tim ini juga melihat kesiapan dan fasilitas RSUD Buleleng sebagai RS Pendidikan.

”Dua perwakilan tadi sempat berkeliling dan meninjau fasilitas serta kesiapan kami sebagai RS Pendidikan sehubungan dengan akan dibukanya Prodi Kedokteran di Undiksha.” jelasnya.

Menurut dr. Gede Wiartana, M.Kes, sebenarnya sejak awal tahun 2017 RSUD Buleleng sudah dtetapkan menjadi RS Pendidikan Satelit oleh Kementrian Kesehatan. RS Pendidikan Satelit ini sebagai pendukung Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Udayana (Unud). Jika nanti Prodi Kedokteran Undiksha sudah terwujud, RSUD Buleleng akan menjadi RS Pendidikan Utama.

”Artinya, nanti jika Prodi Kedokteran Undiksha sudah terwujud, para mahasiswa akan menghabiskan sebagian besar waktunya di RSUD Buleleng,” ujar Dirut yang akrab disapa dokter Awi ini.

Dokter Awi juga mengungkapkan, perwakilan tim persiapan visitasi ini sangat mengapresiasi usaha yang dilakukan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST untuk membangun fasilitas lengkap di RSUD Kabupaten Buleleng. Fasilitas ini nantinya bisa membantu terwujudnya Prodi Kedokteran di Undiksha.

”Kedatangan tim ini sebenarnya tidak dijadwalkan. Mereka sebagai tamu di Undiksha. Namun mereka berkenan datang ke RSUD Buleleng. Kami berharap dengan kunjungan ini dan mereka melihat fasiltas di RSUD Buleleng, tim bisa melaporkan kepada menteri dan ijin operasional Prodi Kedokteran Undiksha segera dikeluarkan serta pada tahun 2018 bisa menerima mahasiswa sekaligus mencetak tenaga dokter yang sangat dibutuhkan,” tandasnya. (DN ~TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com