Polda Bali Gelar Apel Konsolidasi Ops Lilin dan Pengamanan Malam Tahun Baru - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

12/18/17

Polda Bali Gelar Apel Konsolidasi Ops Lilin dan Pengamanan Malam Tahun Baru


Denpasar, Dewata News. Com - Apel konsolidasi dalam rangka persiapan menyambut Operasi Lilin dan Pengamanan Malam Tahun Baru 2018 di Polda Bali dipusatkan di Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar, Senin (18/12). Apel ini dihadiri Kapolda Bali, Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose, Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Gede Alit Widana, S.H., M.Si., Pejabat Utama Polda Bali dan Kapolres se-Bali. 

Apel diawali dengan yel-yel oleh peserta apel dari jajaran Direktorat Sabhara Polda Bali dan dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan. Saat pemeriksaan pasukan, Kapolda bersama Pejabat Utama melakukan penilaian dengan sasaran kerapian, kebersihan dan kelengkapan perorangan. 

Dihadapan 2.124 personel yang terlibat operasi, Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose selaku pimpinan apel mengatakan, digelarnya apel ini untuk mengetahui kesiapan personel, sarana, dan prasarana serta dukungan lainnya. Disamping itu, apel kesiapan ini juga untuk memberikan keyakinan dan jaminan rasa aman bagi seluruh masyarakat, sehingga seluruh tahapan kegiatan Natal, perayaan malam tahun baru, persiapan menghadapi Pemilukada serentak tahun 2018 dan kesiapan Annual Meeting IMF-World Bank 2018 dapat berjalan dengan aman, nyaman, tertib dan lancar.

Menurut jenderal bintang dua di pundak ini, perayaan Hari Raya Natal dan pergantian malam tahun baru berdampak pada peningkatan aktifitas dan mobilitas masyarakat. Peningkatan aktifitas akan terjadi pada pusat keramaian, tempat wisata maupun obyek vital lainnya. “Hal tersebut berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, seperti Kamseltibcarlantas, kejahatan konvensional, masalah intoleransi, ancaman terorisme dan radikalisme,” ucapnya.

Untuk itu, Kapolda meminta dedikasi dari seluruh anggota untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat. Seluruh personel harus meningkatkan kewaspadaan dan deteksi dini, jangan under estimate terhadap setiap potensi gangguan yang ada. Selain itu, seluruh personel harus ikhlas melaksanakan tugas, karena Ops Lilin dan Pengamanan Tahun Baru adalah operasi yang bersifat kemanusiaan.

Selain melaksanakan Ops Lilin dan Pengamanan Tahun Baru, jajaran Polda Bali juga tetap memberikan pengamanan dan pengawalan kepada pengungsi.  Pasalnya, puluhan ribu warga Karangasem yang berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) masih berada di pengungsian, karena status Gunung Agung masih ditetapkan pada awas atau level empat. Tentunya, hal itu membuat tugas Polri sangat kompleks di akhir tahun ini. 

Kapolda juga menyampaikan bahwa dirinya sempat rapat dengan Menko Maritim dan Menteri ESDM RI terkait kondisi Gunung Agung. Hasil rapat tersebut disampaikan bahwa status awas hanya 10 kilometer dari puncak Gunung Agung, sedangkan di luar radius tersebut adalah aman dan normal. “Jadi Bali aman dikunjungi. Saya tegaskan kembali, Bali aman dikunjungi bagi wisatawan,” tegas jenderal lulusan Akpol tahun 1988 ini. 

Usai pelaksanaan apel konsolidasi, jajaran Direktorat Sabhara Polda Bali melaksanakan peragaan terkait fungsi teknis Sabara, mulai dari drill beladiri Polri, Senam borgol, penanganan aksi balap liar oleh Tim Sabata Polda Bali, pelacakan barang bukti narkoba pada kendaraan yang mengalami kecelakaan oleh Unit Satwa (K9) Ditsabhara Polda Bali serta peragaan Dalmas ketika menangani unjuk rasa.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com