Dari Kunker Bupati PAS: Uji Coba RS Pratama Giri Emas, Januari 2018 - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

12/22/17

Dari Kunker Bupati PAS: Uji Coba RS Pratama Giri Emas, Januari 2018


Buleleng, Dewata News. Com —Pembangunan Rumah Sakit (RS) Pratama Giri Emas, Kecamatan Sawan telah rampung. Setelah pembangunan Rumah Sakit Pratama Giri Emas, Kecamatan Sawan rampung dan dilanjutkan dengan perekrutan tenaga, dipastikan uji coba operasional, bulan Januari2018.

”Uji coba tersebut akan dilakukan pada bulan Januari 2018. Setelah uji coba, RS Pratama ini akan dibuka pada bulan Maret tahun 2018,” kata Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST saat mengunjungi RS Pratama Giri Emas, Kecamatan Sawan dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) Bupati Buleleng tahun 2017 di Kecamatan Sawan, Kecamatan Kubutambahan dan KecamatanTejakula, Jumat (22/12).

Bupati PAS sapaan akrab Putu Agus Suradnyana ini menjelaskan, RS Pratama kedua di Kabupaten Buleleng yang terletak di Desa Giri Emas, Kecamatan Sawan ini akan di uji coba terlebih dahulu pada bulan Januari tahun 2018. Setelah masa uji coba selama tiga bulan, RS Pratama Giri Emas ini akan dibuka pada bulan Maret 2018. ”Kami akan uji coba pada bulan Januari 2018. Dan selanjutnya uji coba tersebut akan diikuti opening pada bulan Maret tahun 2018,” jelas Agus Suradnyana.

Bupati PAS dua periode ini juga mengungkapkan, dana pembangunan RS Pratama Giri Emas ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp24,6 Milyar. Sedangkan untuk alat kesehatan (Alkes) berasal dari APBD Kabupaten Buleleng sebesar Rp14 Milyar. ”Hanya Kabupaten Buleleng yang berani membangun dua RS Pratama. Hal tersebut dikarenakan dananya turun bulan Agustus dan pembangunannya selesai bulan Desember. Kami berpacu dengan waktu dan berani mengambilnya agar dana tersebut tidak hangus,” ungkapnya.

Sementara itu, Pemkab Buleleng tahun 2018 membangun Pasar di sebelah barat RS Pratama Giri Emas. Hal ini untuk mengurai kepadatan di Pasar Sangsit yang sudah meluber ke jalan. Anggaran sebesar Rp1,2 Milyar sudah disiapkan untuk pembangunan pasar tersebut. ”Pada tahun 2018 kami bangun pasar di sebelah barat RS Pratama Giri Emas. Kami sudah anggarkan Rp1,2 Milyar,” ujar Putu Agus Suradnyana.

Bupati Agus Suradnyana juga menambahkan keyakinannya, bahwa keberadaan pasar di sebelah barat RS Pratama ini tidak akan menimbulkan kekroditan. Itu dikarenakan pasar buka hanya pagi hari. Untuk pengelolaannya nanti akan dilihat bagaimana potensi Desa Giri Emas untuk mengelola pasar ini.
”Saya yakin pasar ini tidak akan menimbulkan kekroditan, karena bersebelahan dengan rumah sakit. Untuk pengelolaan kami akan lihat dulu potensi Desa Giri Emas,” imbuhnya.
Untuk diketahui Kunjungan Kerja ini untuk meninjau pelaksanaan pembangunan yang menyasar tiga kecamatan di Buleleng timur. Alokasi anggaran tahun 2017 untuk tiga kecamatan tersebut sebesar Rp6 Milyar lebih, dan sampai dengan akhir November 2017 capaian realisasi fisiknya sebsar 84,05 persen. Khusus untuk Kecamatan Sawan anggaran pada tahun 2017 teralokasi sebesar Rp2 Milyar lebih dengan capaian realisasi fisik sebesar 88,34 persen. Dari angka tersebut menunjukkan sebuah upaya dari Pemkab Buleleng dalam meningkatkan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com