Pastika Berharap RSUP Sanglah Jadi Pelopor Health Tourism di Bali - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/30/16

Pastika Berharap RSUP Sanglah Jadi Pelopor Health Tourism di Bali


Denpasar, Dewata News. Com - Sebagai destinasi  pariwisata kelas dunia Bali diharapkan tidak saja menjadikan alam dan budayanya sebagai obyek bagi para wisatawan namun juga kedepan Bali mampu menjadi tujuan wisata kesehatan (Helath tourism) dan itu semua bisa diawali dari RSUP Sanglah yang saat ini telah menjadi salah satu pusat rumah sakit rujukan seluruh kabupaten/kota di Bali dan bahkan provinsi lain sperti NTT dan NTB. 

Demikian disampaikan Gubernur Bali Made mangku Pastika dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta saat menghadiri Perayaan HUT ke 57 RSUP Sanglah yang di laksanakan di Aula Poliklinik RSUP Sanglah, Denpasar, Jumat(30/12).

“Itu mimpi besar kita dan saya rasa itu bisa kita wujudkan kalau kita awali semuanya dari RSUP Sanglah ini, sehingga kedepan orang – orang kita tidak perlu ke luar negeri untuk berobat melainkan orang luar yang datang ke Bali,” ujar Pastika yang menegaskan hal ini sangat beralasan  mengingat prestasi dan pengakuan dari nasional dan internasional yang telah diraih oleh RSUP Sanglah sudah sangat banyak. Pastika juga menegaskan, untuk mencapai mimpi tersebut, dukungan dari berbagai pihak juga sangat diperlukan termasuk dukungan dari Pemprov Bali mengingat Pemprov Bali menempatkan kesehatan sebagai program prioritasnya dalam membangun Bali. 

Di bagian lain Pastika mengatakan dukungan sarana dan prasarana serta SDM di masing – masing kabupaten/kota dan di provinsi sudah disiapkan serta perbaikan sistem rujukan juga telah dilakukan dengan dukungan kebijakan – kebijakan di bidang kesehatan lainnya guna memperkuat pondasi kesehatan di masing – masing kabupaten/kota. Sehingga dengan demikian hal tersebut akan mampu mengurangi beban RSUP Sanglah yang kemudian akan mampu lebih fokus menjadi Rumah Sakit Pendidikan dan fokus mempersiapkan diri menjadi medical tourism. Lebih lanjut Pastika juga mengharapkan adanya sinergitas dan kerjasama untuk saling menguatkan antara Pemprov Bali dengan Pemerintah Pusat dalam hal ini kementerian Kesehatan. 

Bantuan berupa penguatan SDM, sarana prasarana dan alat kesehatan maupun sistem jejaring sektor kesehatan masih sangat di perlukan sehingga dukungan Pemprov Bali akan menjadika RSUP Sanglah lebih mampu membangun bidang kesehatan dengan membuat inovasi – inovasi yang diharapkan mampu memberikan kemajuan di bidang kesehatan.

Sementara itu Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek menegaskan sangat setuju jika Bali dijadikan sebagai tujun health tourism. Menurutnya Bali yang telah dikenal dunia melalui periwisatanya sudah selayaknya untuk memiliki fasilitas kesehatan yang terbaik juga sehingga hal tersebut mampu menunjang jalannya kepariwisataan di Bali. Menurutnya fasilitas kesehatan yang baik akan memberikan dampak pada mutu pelayanan kesehatan, semakin baik fasilitasnya akan semakin baik pula mutu pelayanannya. 

Oleh karena itu ia mengharapkan agar RSUP Sanglah senantiasa melaksanakan tugas dan kewajibanya sesuai dengan standar operasiona yang berlaku, selalu memberikan pelayanan yang bermutu tinggi dan wajib menjaga keselamatan pasien.

Dalam perayaan yang ditandai dengan pemotongan tumpeng tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan bagi RSUP Sanglah. Penghargaan yang diterima untuk kedua kalinya tersebut adalah penghargaan Akreditasi Internasional JCI (Joint Commission International) yang diterima langsung oleh Direktur Utama RSUP Sanglah I Wayan Sudana. 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com