Gubernur Pastika Ingin PNS Pemprov Jadi Inisiator Pengguna Motor Listrik - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/12/16

Gubernur Pastika Ingin PNS Pemprov Jadi Inisiator Pengguna Motor Listrik


Denpasar, Dewata News. Com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika nampak sangat antusias saat menyambut kedatangan 5 pengendara uji coba sepeda motor listrik hasil kolaborasi Institut Sepuluh November (ITS) dengan grup Garasindo yang diberi nama GESITS (Garasindo Electric Scooter ITS) di Wantilan DPRD Provinsi Bali, Niti Mandala, Denpasar, Sabtu (12/11). 

Menurutnya ini   merupakan inovasi yang membanggakan dalam dunia otomotif di tanah air. Kehadiran motor listrik merupakan suatu solusi di tengah semakin berkurangnya cadangan bahan bakar minyak di bumi. Ia juga  berharap  skuter listrik ini akan  memberi manfaat besar bagi upaya penanggulangan polusi udara serta kebisingan di samping juga sangat sejalan dengan Program  Bali Mandara yang ingin mewujudkan Bali sebagai  Clean and Green Province. Ke depan Pastika menginginkan jajarannya bisa menjadi inisiator pengguna skuter listrik yang ramah lingkungan ini. 

"Motor listrik ini masih dalam tahap uji coba, kalau sudah dilakukan penyempurnaan , diproduksi secara masal  dan siap dipasarkan, saya ingin PNS Pemprov Bali menjadi inisiator dalam menggunakannya sebagai kendaraan untuk pulang pergi  kantor. Sekarangkan di Kantor Gubernur tengah mulai dibangun percontohan PLTS Smart Grid,  jadi nanti PNS Pemprov tinggalcolokin listrik untuk motornya di kantor,  dan listrik  didapatkan dari energi sinar matahari (solar panel)  jadi  akan lebih hemat, " imbuhnya. 

Ia juga menambahkan nantinya pemenuhan energi di Provinsi Bali diprioritaskan bersumber dari energi bersih, baru dan terbarukan yang bersumber dari potensi setempat, terlebih Bali oleh Kementrian ESDM telah ditetapkan sebagai Kawasan Nasional Energi Bersih (KNEB) dan Pengembangan Centre of Excellence (CoE) Energi Bersih di Tahun 2016. 

"Saya rasa penggunaan kendaraan listrik ini akan memberi efek yang signifikan tidak hanya bagi lingkungan kita  tetapi juga bagi pariwisata Bali. Pariwisata kita akan semakin berkualitas dengan dukungan dari lingkungan sekitar yang bebas polusi dan kebisingan,untuk itu saya sangat mendukung dan bangga atas inovasi yang dihasilkan putra putra bangsa kita, sudah saatnya lah kita jadi tuan dan pembeli produk kebanggaan kita sendiri, "pungkasnya. 

Sementara itu Menristekdikti, Mohammad Nasir, mengatakan bahwa skuter ini  100% merupakan hasil karya dalam negeri  dan dibuat melalui serangkaian penelitian yang dilanjutkan dengan uji coba kendaraan dari Jakarta ke Denpasar dengan menepuh jarak kurang lebih 1.400 km. 


Pasca uji coba , kata dia, akan dilanjutkan dengan tahap penyempurnaan  sehingga  skuter listrik ini dipastikan berkualitas dan mampu bersaing di pasaran. Pihaknya juga akan besinergi pula dengan kementrian terkait seperti Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Kementrian Perhubungan, Kementrian Perdagangan dan Perindustrian  dan PLN  untuk pengembangannya sehingga produk dapat dilempar ke tengah tengah masyarakat. 

"Kita patut berbangga dengan apa yang telah dihasilkan oleh putra putra bangsa kita, kami akan terus mekakukan sinergi dengan kementrian terkait sehingga di tahun 2017  sepeda motor tenaga listrik ini sudah siap meramaikan pasar otomotif tanah air dan bila memungkinkan akan diekspor, " tuturnya optimis.  

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali Sugawa Kory, Rektor Universitas Udayana Prof.DR.dr Ketut Suastika ,SpPd-KEMD , Ketua Ikatan Alumni ITS Bali I Made Duarsa serta pejabat terkait di lingkungan Pemprov Bali ini juga diisi dengan penandatanganan kerjasama antara Garasindo, PLN, dan ITS terkait kendaraan bermotor tenaga listrik GESITS yang disaksikan oleh Menristekdikti serta Gubernur Bali.  

Menristekdikti dan Gubernur Bali  juga berkesempatan membubuhkan tanda tangan mereka diatas sepeda motor kebanggaan anak negeri tersebut. Uji coba kendaraan GESITS dilakukan dengan menempuh perjalanan darat dari Jakarta menuju Denpasar  dengan waktu tempuh selama   5 hari  yaitu dari tanggal 7 hingga 12 November 2016  dengan menggunakan 5 unit kendaraan. (DN - ArI)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com