Buka Tutup, Segera Gelar Upacara "Pakelem" - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

2/6/16

Buka Tutup, Segera Gelar Upacara "Pakelem"


    Daelon Wirawan  mengatakan, memang cuaca di selat Bali ini sangat sulit diprediksi. Bahkan dalam seminggu belakangan ini pelabuhan terpaksa dibuka dan ditutup kembali lantaran cuacanya sangat membahayakan penyeberangan kapal. "Buka tutup pelabuhan dalam seminggu hingga tiga kali ini disebabkan karena cuaca yang sangat buruk yakni hujan deras yang disertai mendung maupun kilat dang angin kencang,"  kata Nyoman Daelon Wirawan, Jumat (05/02).

    Lebih lanjut, Daelon mengatakan, guna mengantisipasi cuaca buruk yang selalu melanda Selat Bali tanpa bisa diprediksi, pihaknya akan melangsungkan upacara mulang pakelem sebagai wujud syukur kepada Dewa penguasa lautan di Selat Bali guna memberikan keselamatan dan kelancaran bagi penyeberangan di selat Bali ini. 

    "Nanti dalam pelaksanaan upacara mulang pakelem ini, biayanya kami akan koordinasikan kepada PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (GAPASDAP) Banyuwangi," jelasnya.

    Dalam upacara pakelem akan menggunakan pakelem dengan Bebek Putih yang dipanggang dan ditenggelamkan serta Bebek Hitam yang ditenggelamkan ke Selat Bali. Agar kegiatan secara sekala dan niskala yang berkaitan dengan memberikan keselamatan dan kelancaran bagi penyeberangan di selat Bali ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan berkesinambungan, karena ini menjadi tanggung jawab semua pihak. "Saya berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilanjutkan. Tidak hanya pihak Penyelenggara Pelabuhan saja, namun juga menjadi tanggung jawab semua pihak," tegas Daelon Wirawan. (DN ~ PB).-

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com