Warga Yeh Sanih Tolak Pengambilan Air di Hulu Oleh PDAM - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/9/16

Warga Yeh Sanih Tolak Pengambilan Air di Hulu Oleh PDAM


Buleleng, Dewata News. Com - Warga Dusun Yeh Sanih, Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng menolak dengan tegas pengambilan air di bagian Hulu sumber mata air yang ada di pemandian Yeh Sanih oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Buleleng.

Menurut warga, proyek yang saat ini masih dalam pemasangan pipa serta bak penampungan tersebut akan menganggu wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Air Sanih serta ditakutkan akan mengganggu debit air yang keluar.

”Ini sudah harga mati, pengambilan air harus melalui hilir dan tidak melalui hulu,” tegas Widi, salah seorang perwakilan warga yeh Sanih, Selasa (5/1) sore.

Seperti diketahui, proyek tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mengantisipasi kekurangan air bersih di wilayah Buleleng Timur dengan memanfaatkan sumber air baku yang ada di Air Sanih. Proyek air minum tersebut digarap oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Balin - Penida, yang rencananya akan memasok air pada 13 Desa di sekitar Desa Bukti yang memang selama ini langganan kekeringan terlebih disaat musim kemarau.


Terkait dengan permintaan warga agar dalam mengambil air melalui hilir, Perwakilan Balai wilayah sungai (BWS) Bali-Penida PPK Pengadaan Air Baku, Made Deni Satya Wijaya mengaku akan mengkonsultasikan permintaan itu bersama pimpinan. 

”Saat ini kami memang belum bisa memberikan keputusan permintaan warga, karena kami harus koordinasikan dulu dengan atasan. Kalau ada kepastian, kami sampaikan,” terangnya.

Sementara Dirut PDAM Buleleng, Made Lestariana mengatakan jika mengacu pada Undang-undang yang ada maka pihak pemerintah berhak mengelola sumber air demi kesejahteraan masyarakat.

"Ini untuk mengantisipasi kekurangan air bersih di Buleleng Timur, maka sumber air Sanih dimanfaatkan. Kalau mengambil air dihulu bisa dimanfaatkan untuk minum tanpa dimasak terlebih dahulu,” ucap Lestariana. (DN - *)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com